Sekilas Info

Jembatan Ambruk, Tujuh Speed Boat Rusak

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Cuaca ekstrem di perairan Pulau Ambon beberapa hari terakhir merobohkan jembatan pelabuhan speed boat di kawasan Kota Jawa, Ambon.

Kejadian ini terjadi pukul 21.00 WIT, Jumat (8/3). Sebagian besar jembatan yang terbuat dari kayu itu ambruk.

Jembatan ambruk itu bersebelahan dengan jembatan speed boat beton yang dibangun Dinas Perhubungan Kota Ambon.

Selain jembatan, tujuh speed boat rusak diterjang gelombang air laut. Dihantam gelombang, armada transportasi laut itu membentur tiang pancang jembatan.

Satu speed boat diantaranya patah menjadi dua, sementara satu speed boat tenggelam. Speed boat lainnya sudah dievakuasi ke daratan. Kapal cepat atau speed boat di kawasan itu beroperasi mengangkut penumpang dari Kota Jawa tujuan Mardika atau sebaliknya.

Tos Sohilait, salah seorang pengemudi speed boat mengatakan, speed boat rusak akibat dihantam tinggi gelombang laut, Jumat malam.

Jembatan kayu itu ambruk dihantam sebuah speed boat yang tengah dilabuhkan sekitar jembatan akibat gelombang kencang. “Saat itu speed boat yang berlabuh dihantam ombak hingga hantam tiang jembatan sampai roboh. Satu speed boat patah dua, termasuk saya punya juga rusak. Ada tujuh yang rusak, satu masih tenggelam,” jelasnya kepada Kabar Timur, di pelabuhan speed boat Kota Jawa, Sabtu (9/3).

Tos tidak dapat memastikan apakah ada korban dalam insiden itu. “Kurang tahu, tapi saat kejadian, ada banyak orang di jembatam beton (samping jembatan kayu),” tuturnya.

Akibat cuaca buruk, aktivitas transportasi dengan menggunakan speed boat dari maupun pelabuhan Kota Jawa menuju Mardika sementera terhenti. “Hari ini (Sabtu) tidak ada yang beroperasi, karena ombak masih besar,” kata dia. (RUZ)

Penulis:

Baca Juga