Sekilas Info

4.000 Rumah Tidak Layak Huni Diperbaiki

Kasrul Selang

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON – Tak kurang 4000 unit rumah tidak layak huni (RTLH) akan diperbaiki Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Provinsi Maluku pada tahun 2019.

Di tahun ini juga dibangun rumah khusus bagi nelayan di Tiakur, Pulau Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya dan rumah susun di Kota Tual untuk Aparatu Sipil Negara (ASN). Total anggaran mencapai Rp 80 miliar.

“Semua ini akan berjalan mulai dari tahun ini sampai tahun 2020,” kata Kepala DPKP Maluku Kasrul Selang usai pembukaan rapat Koordinasi Forum OPD DPKP Maluku di Hotel Marina, Ambon, Kamis (21/2).

Sementara progres perbaikan 3.500 unit RTLH tahun 2018 di 11 kabupaten/kota di Maluku telah mencapai 90 persen. Belum rampungnya proyek kata Selang, karena beberapa tempat pekerjaan fisik masih sementara jalan. “Karena polanya adalah swadaya, kami menyediakan bahan material bangunan kemudian masyarakat yang menyelesaikan pembangunan rumah. Diharapkan akan selesai beberapa bulan ke depan,” jelasnya.

Untuk pembenahan kawasan kumuh sudah ditangani sekitar 60 persen. “Tahun ini kita masih mengintervensi lagi di seluruh kabupaten/kota untuk penanganan kawasan pemukiman dan tentu akan mengacu pada visi misi gubernur Maluku terpilih,” ujar Selang.

Seluruh program tersebut untuk menurunkan tingkat kemiskinan di Maluku. Mengingat, sesuai kriteria yang ditentukan Badan Pusat Statistik maupun Bappenas 5 sampai 6 variabel yang menyebabkan rumah tangga miskin akibat perumahan pemukiman. “Kita terus berusaha agar kriteria-kriteria perumahan dan pemukiman bisa diselesaikan,” ujar dia.

Untuk mencapai itu, Selang berharap dukungan dari sektor-sektor lain menggerakan berbagai kriteria agar tingkat kemiskinan di Maluku perlahan menurun. “Kita tahu bahwa angka kemiskinan sudah 19 persen, kalau kita fokus dan koordinasi dengan sektor lain mungkin bisa menurunkan 2 sampai 2,5 persen per tahun,” pungkas Selang. (RUZ)

Penulis:

Baca Juga