Sekilas Info

Sekda Terpilih Harus Bawa Bursel Keluar Dari Disclaimer

KABARTIMURNEWS.COM, NAMROLE - DPRD berharap siapapun figur yang terpilih menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) definitif harus mampu membawa Kabupaten Buru Selatan (Bursel) keluar dari opini Tidak Menyatakan Pendapat (TMP) atau disclaimer terhadap laporan keuangan pemerintah daerah.

“SALAH satu agenda yang paling penting untuk ditindaklanjuti oleh Sekda terpilih harus berusaha membawa Bursel keluar dari disclaimer,” harap Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bursel, La Hamidi di kantor Bupati, beberapa waktu lalu.

Politisi Partai Amanat Nasional ini mengakui, masalah disclamer yang disandang Pemerintah Kabupaten Buru Selatan sudah berkepanjang sejak wilayah itu resmi menjadi daerah otonom sendiri tahun 2008 silam.

“Beta sendiri takut dengan disclaimer, ini berkepanjangan seolah-olah tidak ada solusi untuk keluar. Untuk itu menjadi tugas berat sekda yang baru untuk bisa keluar dari lingkaran ini,” harap dia. Menurutnya, dua tahun lalu, saat Syahroel Pawa menjabat Sekda Bursel sudah hampir keluar dari disclamier dengan memperketat sistem pengelolaan keuangan, penataan aset dan lainnya.

Kemajuan tersebut juga didukung kerja keras Inspektorat Bursel. “Ini yang harus ditindaklnjuti Sekda yang baru agar Bursel dapat keluar dari opini disclaimer,” tegas La Hamidi.

Selain itu, Sekda terpilih dapat bersinergi dengan Bupati dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan demi mewujudkan masyarakat Bursel yang sejahtera.

“Sekda terpilih dapat bersinergi dengan bupati, bisa menjalankan tugas-tugas pemerintahan dengan baik sehingga diharapkan dalam melaksanakan program pemerintahan dapat berkesinambungan dan berkelanjutan maupun sejalan dengan visi-misi bupati,” kata dia.

Panitia Seleksi Sekda Bursel telah marampungkan tugasnya. Tiga nama calon Sekda telah diserahkan ke Bupati Bursel Tagop Sudarsono Soulisa. Namun siapa nama tiga calon sekda masih dirahasiakan Pansel.

Tiga nama tersebut akan diusulkan Bupati ke gubernur maupun Komisi ASN untuk menetapkan satu nama yang akan menduduki jabatan Sekda Bursel. (KTL)

Penulis:

Baca Juga