Sekilas Info

DKPPKB Bangun Puskesmas Baru di Waemulang

Puskesmas Oki Baru di Desa Oki Baru Kecamatan Namrole, Kabupaten Buru Selatan. MARLON SAHETAPY/KABAR TIMUR

KABARTIMURNEWS.COM, NAMROLE - Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Kabupaten Buru Selatan akan membangun Puskemas baru di desa Waemulang, kecamatan Leksula.

Puskesmas baru dibangun karena Puskesmas saat ini merupakan Puskesmas lama yang dibangun sejak wilayah Buru Selatan masih dibawah kabupaten Maluku Tengah. Pembangunan Puskesmas baru juga karena penambahan jumlah penduduk di desa Waemulang. Ini terlihat dari pembangunan rumah milik masyarakat yang dilakukan berdekatan dengan Puskemas lama.

“Tahun ini ada pembangunan fisik yakni pembangunan Puskesmas Waemulang,” kata Kepala DKPPKB Kabupaten Buru Selatan, Ibrahim Banda di Namrole, beberapa waktu lalu.

Kata dia Puskesmas lama Waemulang sudah tidak layak lagi untuk dipakai melayani masyarakat dalam bidang kesehatan. “Penduduk di desa itu sudah sangat banyak. Karena pembanguann rumah penduduk sudah merapat di dinding Puskesmas sehingga kita berencana membangun Puskesmas baru,” ungkapnya.

Untuk membangun Puskesmas baru, DKPPKB telah menyediakan anggaran sebesar Rp 4,6 miliar dari Dana Aloksi Khusus (DAK) tahun 2019. “Kita upayakan anggaran sebesar itu digunakan untuk membangun Puskesmas yang baru. Karena kalau kita bangun bertahap pasti, penyelesaiannya agak terlambat. Kita fokus anggaran yang ada untuk menyelesaikan pembangunan Puskesmas Waemulang yang menjadi kebutuhan utama masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan,” kata Band. (KTL)

Penulis:

Baca Juga