Sekilas Info

Warga Tionghoa Rayakan Imlek 2570

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Warga etnis Tionghoa di Maluku menggelar perayaan menyambut Tahun Baru Imlek 2570 tahun 2019 yang jatuh 5 Februari.

Di Kota Ambon, acara perayaan Imlek di pusatkan di Budha Center kawasan Gunung Nona, Ambon, Senin (4/2) dihadiri ratusan masyarakat Tionghoa.

Kemeriahan sudah terlihat dari dekorasi sekitar komplek Budha Center. Berbagai pernak pernik khas Tionghoa seperti lampion digantung di sekitar lokasi. Atraksi Barongsai ditampilkan memeriahkan perayaan Imlek. Penampilan Barongsai tidak hanya disaksikan masyarakat Tionghoa, warga di sekitar kawasan Gunung Nona, Kecamatan Nusaniwe Ambon, juga antusias menyaksikan atraksi Barongsai.

Tokoh Tionghoa yang juga Ketua Perwakilan Umat Buddha (Walubi) Provinsi Maluku, Wilhelmus Jauwerissa menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh masyarakat di Kota Ambon yang telah menyadari bahwa perbedaan agama maupun budaya bukanlah suatu perbedaan. Tetapi itu adalah satu kesatuan di dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sebagai anak negeri, dikatakan Jauwerissa, pentingnya terus merajut kebersamaan sebagai wujud realita di dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. "Oleh karena itu sesuai tema perayaan Imlek 2570 Tahun 2019 kita tetap merajut kebersamaan. Intinya hidup bukan diri sendiri tapi hidup adalah kebersamaan," ujarnya.

Dia berpesan masyarakat Indonesia khususnya Maluku tidak mudah terpecah karena kepentingan pribadi maupun kelompok. "Tapi harus kita wujudkan di dalam kebersamaan bahwa kita adalah sama. Dengan kedamaian maka tujuan bersama agar mencapai kesejahteraan dapat diraih,” kata dia. (RUZ)

Penulis:

Baca Juga