Sekilas Info

Paus Raksasa Ditemukan Mati di Namlea

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Seekor ikan paus raksasa ditemukan mati oleh warga Namlea, Kabupaten Buru. Bangkai mamalia laut dengan panjang 18 meter dan lebar 1,5 meter itu terdampar di pantai Jikumarasa, Namlea.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Maluku, Mukhtar Amin Ahmadi mengungkapkan, ikan paus yang ditemukan mati oleh warga jenis Balaenotpera Musculus.

Menurutnya, Paus Biru tersebut mulai terlihat warga 11 Januari 2019 lalu. Satwa yang tergolong dalam Subordo Paus Balin ini terlihat sejak pukul 10.00 WIT lalu.

“Berdasarkan hasil identifikasi bahwa jenis paus yang terdampar adalah paus biru atau Balaenotpera Musculus. Panjangnya 18 meter dan lebar 1.5 meter,” kata Mukhtar dihubungi Kabar Timur, Minggu (13/1).

Mukhtar mengatakan, rencananya hari ini personel Polsek Namlea bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan menuju lokasi terdamparnya paus. Kedatangan mereka untuk mengidentifikasi paus tersebut.

“Direncanakan, hari Senin (hari ini) petugas resort Namlea dengan Ibu Wiwit dari KKP menuju lokasi untuk identifikasi lanjut,” ujar Mukhtar.

Kematian hewan laut terbesar yang pernah ditemukan mati di Namlea belum diketahui penyebabnya. “Besok KKP juga akan melakukan penanganan satwa tersebut,” tandasnya.

Keberadaan bangkai paus raksasa di pantai Jikumarasa menjadi tontonan warga Namlea. Banyak warga yang mengabadikan gambar bangkai paus tersebut melalui telepon seluler. (CR1)

Penulis:

Baca Juga