Sekilas Info

Hari Ini Dua Menteri Resmikan Sejumlah Proyek

Sri Mulyani

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono hari ini tiba di Ambon.

Keduanya akan meresmikan proyek-proyek yang bersumber dari APBN di Maluku. Proyek-proyek itu milik Bina Marga, Cipta Karya, Balai Wilayah Sungai dan Balai Jalan dan Jembatan.

“Peresmiannya itu dipusatkan di Dermaga Tawiri dan peninjauannya ke Saumlaki juga. Setelah itu ada peninjauan revitalisasi Pantai Wainitu, kemudian ke Jembatan Wear Arafura yang menghubungkan Yamdena dan Larat,” kata Kepala Dinas PUPR Provinsi Maluku, Ismail Usemahu di kantor Gubernur Maluku, Selasa (8/1).

Kedua menteri Kabinet Kerja ini akan tiba dengan pesawat Garuda, siang ini dan langsung menuju lokasi peresmian dilanjutkkan meninjau lokasi proyek.

Menteri PUPR juga direncanakan berkunjung ke Saumlaki, Maluku Tenggara Barat (MTB) untuk meninjau Jembatan Wear Arafura yang menghubungkan Pulau Yamdena-Larat di MTB sehari setelah kunjungi Ambon selama lawatannya ke Maluku.

Usemahu menyebutkan, Dermaga Tawiri yang akan diresmikan Menteri PUPR dibangun sejak tahun 2016. Anggaran pembangunan menelan dana Rp 120 miliar. Sedangkan jembatan Wear Arafura Rp 123 miliar, Pantai Wainitu meliputi talud dan ruang terbuka hijau Rp 30 miliar.

BENDUNGAN WAE APO

Sementara itu, Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPKH) untuk proyek pembangunan Bendungan Wae Apo di Kabupaten Buru, sudah ditandatangani oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar.

“Izin pinjam pakai lahan sudah keluar dan ditandatangani Menteri, nanti tanyakan juga ke (dinas) PUPR,” kata Sadli di kantor Gubernur Maluku, kemarin.

Terpisah, Kepala Dinas PUPR Provinsi Maluku, Ismail Usemahu menjelaskan, dalam waktu dekat, proyek senilai Rp 2 triliun lebih itu mulai dikerjakan. “Total anggaran pembangunan Rp 2 triliun dan waktu pelaksanaan lima tahun,” tandasnya. (RUZ)

Penulis:

Baca Juga