Sekilas Info

Lima Warga Denmark Diselamatkan Basarnas

Basarnas Kota Ambon

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Lima warga negara asing asal Denmark, berhasil diselamatkan Tim Rescue, Badan SAR Nasional (Basarnas) Kota Ambon, Kamis (27/12).

Sebelumnya mereka terombang ambing di atas kapal layar dengan nama lambung WOW di perairan laut Pulau Tiga, Kabupaten Maluku Tengah. Lima warga Denmark yang berhasil dievakuasi adalah kapten kapal Nikolaj Klindt S, Michelle Jensen, Kristoffer Bundgaard, Mette Folmer dan seorang wanita Jessie Jay.

Diduga, kapal layar berwarna putih yang bertolak dari Kepulauan Banda itu mengalami gangguan mesin saat hendak menuju Kota Ambon, sekira pukul 10.00 WIT.

"Kami dapat info tentang kondisi membahayakan manusia itu sekitar pukul 16.35 WIT. Terima info dari teman mereka Marc Skjerning," ungkap Kepala Basarnas Ambon, Muslimin di Ambon, kemarin.

Pelapor, kata Muslimin, diketahui telah tiba lebih awal di Kota Ambon 18 Desember 2018. Kondisi membahayakan keselamatan nyawa manusia di laut itu diketahui, setelah dirinya dihubungi para korban.

"Dari laporan teman mereka itu, mengatakan bahwa lima rekannya berada di sekitar perairan laut Pulau Tiga. Mesin kapal mereka rusak," terangnya.

Mendapat laporan tersebut, Basarnas mengerahkan tim penolong menggunakan kapal negara SAR 235 Abimanyu. "Menuju tempat kejadian perkara, kapal naas itu tidak terdampar, tapi terombang ambing di laut. Kami mengevakuasi ke lima korban, dan menarik kapal mereka menuju Teluk Ambon," ujarnya.

Kapal layar itu diketahui berangkat dari Denmark menuju Filipina. Masuk ke wilayah Indonesia tepatnya di perairan laut Kendari, Sulawessi Tenggara. Setelah itu menuju Bitung, dan wilayah Maluku yaitu di Kepulauan Banda, Kabupaten Maluku Tengah.

Saat berlayar menuju Pulau Ambon, mesin kapal mengalami gangguan. "Sampai pukul 18.52 WIT, kapal layar itu sedang dievakuasi menuju perairan Teluk Ambon. Semua penumpang selamat," pungkas Muslimin. (CR1)

Penulis:

Baca Juga