Sekilas Info

Hamkes-PMKM Gelar Sunatan Massal di Liang

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Himpunan Alumni Mahasiswa Kesehatan (Hamkes) Negeri Liang bekerjasama dengan Pergerakan Mahasiswa Kesehatan Maluku (PMKM) Kota Ambon menggelar bakti sosial.

AKSI sosial berupa sunatan massal dipusatkan di Negeri Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Sabtu (22/12).
Sebanyak 50 anak dari Liang dan dusun sekitarnya diikutkan dalam program sunatan massal yang dilaksanakan di gedung Baileo Negeri Liang.

“Sunatan massal ini dapat terlaksana atas kerjasama Hamkes dan DPC PMKM Kota Ambon, melibatkan 50 anak bukan saja dari kampung Liang tapi juga anak-anak dari dusun di wilayah petuanan Negeri Liang,” kata Ketua Hamkes, Abdul Hamid Bisri di sela-sela pelaksanaan sunatan massal.

Sunatan massal gratis ini rutin dilaksanakan pihaknya setiap tahun, sehingga merupakan manifestasi dari program kerja organisasi.
“Sunatan massal ini merupakan bentuk kepedulian sosial kami kepada masyarakat. Ini sudah program kelima kali kami laksanakan di Negeri Liang, dan jumlah anak yang sudah pernah kami tangani selama ini mencapai lebih dari 300 anak. Khusus untuk tahun ini kami bekerjasama dengan DPC PMKM Kota Ambon,” ungkap Hamid.

Untuk kelancaran kegiatan, pihaknya menyiapkan lima tempat tidur untuk proses khitanan. Tenaga medis berasal dari pengurus dan anggota kedua organisasi profesi yang kebetulan merupakan wadah para mahasiswa dan pekerja kesehatan.

“Untuk tenaga medis kami tidak kekurangan sama sekali karena pengurus dan anggota kami memiliki kemampuan untuk melakukannya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPC PMKM Kota Ambon Sindang Arief Salamun menambahkan, selain merupakan implementasi program kerja kedua organisasi, kegiatan ini mengandung makna sosial, ibadah dan kesehatan.

“Kegiatan ini selain membantu keluarga yang ingin anaknya di sunat, juga bernilai ibadah karena merupakan sunah rasul dan merupakan kewajiban bagi setiap laki-laki beragama Islam. Sunat juga sangat dianjurkan di dunia kesehatan karena baik untuk kesehatan alat reproduksi pria,” jelasnya.

Selain sunatan massal, Hamkes dan PMKM Kota Ambon memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat setempat berupa pemeriksaan golongan darah dan pemeriksaaan tekanan darah. Anak-anak peserta sunatan massal juga diberikan bingkisan berupa sarung dan buku tulis. (KT)

Penulis:

Baca Juga