Sekilas Info

Basarnas Apel Siaga Pasukan Pengamanan Natal

Basarnas Kota Ambon

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Kantor Basarnas Ambon melaksanakan apel gelar pasukan dan penyiapan sarana/prasarana yang disiagakan dalam pengamanan Hari Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

“Apel yang dilaksankan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel termasuk sarana prasarana, anggaran dan keterlibatan unsur terkait, seperti pemerintah daerah (Pemda) dan mitra Kamtibmas lainnya,” kata Kepala Basarnas Ambon, Muslimin di Ambon, Kamis.

Sarana pendukung yang disiagakan diantaranya dua unit Kapal Negara (KN) 242 Bharata yang ada di Kota Tual dan Kota Ambon untuk siap berpatroli di laut maupun sejumlah mobil milik Basarnas.

Dia juga mengajak jajarannya untuk meningkatkan sinergitas bersama anggota TNI-Polri dan instansi terkait dalam memberikan rasa aman saat perayaan Natal serta Tahun baru 2019.

Perayaan Natal dan Tahun Baru merupakan momen berlibur bagi sebagian kalangan masyarakat di Indonesia. Untuk itu, diprediksi akan terjadi mobilisasi masyarakat dari satu tempat ke tempat lain.

Selain itu, munculnya titik konsentrasi masa di tempat tertentu seperti tempat wisata, pusat perbelanjaan, pelabuhan, bandara udara, terminal dan tempat tempat lainya. “Untuk memberikan rasa aman dan nyaman, maka Basarnas Ambon melaksanakan siaga SAR Khusus selama 14 hari terhitung dari 20 Desember 2018 hingga 2 Januari 2019,” tandasnya.

Personel dan peralatan nantinya disiagakan di beberapa lokasi yang diperkirakan rawan terjadinya kecelakaan penerbangan, kecelakaan pelayaran dan kondisi membahayakan manusia.

Dalam operasi ini juga dilakukan pengerahan dan pengendalian alat utama dan personil dalam aspek SAR telah disusun dalan Rencana Operasi SAR.

Muslimin berpesan kepada seluruh personil Basarnas Ambon termasuk di Pos SAR agar lebih meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya musibah dan bencana.

“Akhir-akhir ini kondisi cuaca yang tidak menentu dengan intensitas hujan lebat menjadi perhatian beresiko yang lebih tinggi, agar para Rescuer dan ABK selalu menjaga kesiapan diri dan juga peralatan serta kesehatan jasmani,” kata Muslimin. (AN/KT)

Penulis:

Baca Juga