Sekilas Info

Warga Amahusu Segel Kantor Negeri

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Dominggus Mainake, anggota Badan Saniri Lengkap menyegel kantor Negeri Amahusu, Senin (17/12). Penyegelan sebagai aksi protes terhadap tindakan pemerintah negeri yang mengganti Penjabat Raja Negeri Hanock Tomasila kepada Penjabat baru J. Siahaya.

"Tindakan penyegelan Kantor Negeri Amahusu itu sebelumnya sudah berkoordinasi dengan beberapa orang anggota Saniri Negeri dan mereka juga memberi dukungan untuk melaksanakan penyegelan Kantor Negeri Amahusu," ujarnya, kemarin.

Mereka mengecam penggantian penjabat raja Negeri Amahusu tanpa sepengetahuan Badan Saniri Lengkap. Dominggus mengakui dirinya bersama teman-teman anggota Saniri Lengkap yang lain menerima surat undangan pisah sambut penjabat yang lama dan yang baru.

Undangan untuk acara yang dijadwalkan kemarin itu ditandatangani Sekretaris Negeri N.H.Silooy atas nama Pemerintah Negeri Amahusu.

"Undangan itu juga tanpa menyampaikan nama penjabat raja negeri yang lama maupun yang baru. Bagaimana mungkin kita selaku Saniri Negeri Lengkap Negeri Amahusu bisa menerima hal itu, sebab kami juga tidak pernah diinformasikan terkait dengan acara pergantian penjabat raja yang lama kepada yang baru, tiba-tiba undangan yang kami terima untuk menghadiri acara pisah sambut," ujarnya.

Untuk mengamankan situasi di negeri, sementara kantor negeri disegel sampai ada perkembangan selanjutnya.

Kata Dominggus, selaku pemerintah negeri yang bijak seharusnya ada pemberitahuan kepada Saniri Negeri Amahusu, baik itu terkait pergantian maupun pelantikan penjabat agar masyarakat juga bisa mengetahui bahwa sudah terjadi pergantian penjabat raja Negeri Amahusu.

"Kami menyesalkan tindakan seperti ini, kemudian Pemerintah Kota maupun Camat Nusaniwe juga harus ada perhatian terkait dengan masalah yang terjadi di Negeri Amahusu," tegas dia.

“Kita tunggu saja, siapa yang nanti membuka penyegelan kantor tersebut,” lanjut Dominggus. (AN/KT)

Penulis:

Baca Juga