Sekilas Info

Tol Laut Dukung Ketersediaan Barang

Kapal tol laut yang mengangkut kebutuhan pokok dari pulau Jawa menyinggahi pelabuhan Namrole, Kabupaten Buru Selatan. DOK/KABAR TIMUR 

KABARTIMURNEWS.COM, NAMROLE - Pemerintah Kabupaten Buru Selatan berharap kehadiran tol laut yang menyinggahi pelabuhan Namrole hampir dua tahun terakhir ini dapat memberikan dapat signifikan dalam ketersediaan barang maupun harga.

“Kami berharap pelaksanaan tol laut di daerah ini memberikan dampak sangat signifikan terhadap ketersediaan barang dan harga,” kata Bupati Buru Selatan Tagop Sudarsono Soulisa dalam sambutannya yang dibacakan Penjabat Sekda, Abdul Mutalib Laitupa pada pembukaan pasar murah di Kota Namrole, Jumat (14/12).

Menurutnya prioritas utama pengangkutan barang kebutuhan pokok masyarakat dan barang penting dengan bantuan subsidi Pemerintah Pusat diatur dengan Peraturan Presiden Nomor 70 Tahun 2017 dan Permendagri Nomor 38 Tahun 2018.

Regulasi itu kata Bupati, apabila ekspedisi tol laut membuat pelanggaran terhadap pemuatan barang tersebut oleh Kementerian Perhubungan, maka melanggar aturan pemuatan barang yang sudah ditentukan akan dikenakan sanksi.

“Hal ini juga berkaitan dengan memberikan sanksi kepada perusahaan ekspedisi yang memuat barang tidak sesuai ketentuan yang berlaku,” tegas Bupati.

Bupati mengapresiasi kinerja Dinas Perdagangan Kabupaten  Buru Selatan yang selama tahun 2017 dan 2018 telah mengupayakan  tersedianya jalur tol laut untuk menjaga ketersediaan dan stabilitas harga bahan pokok masyarakat. (KTL)

Penulis:

Baca Juga