Sekilas Info

Pembangunan Rumah Kemasan Ditangguhkan

Elvis Pattiselano

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Rumah kemasanan yang sebelumnya bakal dibangun di Kota Ambon, ditunda oleh Kementerian Perdagangan RI. Penundaan ini bukan saja di Ambon, tetapi seluruh daerah di Indonesia.

"Pembangunan rumah kemasan dipending (ditunda) untuk tahun 2019," ungkap Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku, Elvis Pattiselano di kantornya, pekan kemarin.

Alasannya kata Pattiselano, berdasarkan hasil evaluasi, pembangunan rumah kemasan di Sulawesi Selatan tidak berfungsi maksimal, sehingga Kementerian Perdagangan menunda seluruh pembangunan rumah kemasan di Indonesia.

Menyikapi hal ini, Pattiselano sudah membicarakannya dengan Kementerian Perdagangan, bahwa tidak berfungsinya rumah kemasan karena di Sulsel persaingan sangat banyak sebab sudah ada industri kemasan yang lain.

"Kalau kita di Maluku bangun, di Ambon tidak punya industri kemasan. Oleh sebab itu kalau rumah kemasan bangun di Ambon saya yakin pasti akan berjalan dengan baik. UKM perlu sekali dengan itu, beda dengan Sulsel yang sudah merupakan daerah maju, sehingga tidak perlu lagi rumah kemasan," ujarnya.

Untuk rumah kemasan di Maluku, Disperindag sudah melakukan intervensi kemasan kepada kelompok usaha kecil menengah (UKM). "Ke depan kita perkuat dengan bantuan kemasan yang bagus lagi, untuk pengembangan UKM di Maluku," kata Pattiselano. (RUZ)

Penulis:

Baca Juga