Sekilas Info

Aksi Damai Suarakan Jaga Kerukunan

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Belasan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Gerakan Rakyat Maluku (GRM) turun ke jalan melakukan aksi demo damai menghimbau masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan merawat kerukunan hidup orang basudara.

Aksi damai ini dilangsungkan di kawasan JL. Slamet Riyadi dan Perempatan Masjid Raya Al-Fatah, , Kamis (13/12), kemarin, yang dipimpin Koordinator Lapangan, Syawal Tamher. Dalam aksinya, GRM mengajak masyarakat Maluku mengutamakan toleransi dalam menjaga kedamaian demi kemakmuran warga Maluku.

Aksi yang berlangsung di tengah jalan ini sempat mencuri perhatian warga yang beraktifitas disepuran jalan itu, semua berjalan tertib dan teratur. Selain menyampaikan pesan-pesan damai, dalam aksi GRM menyampaikan beberapa poin pernyataan sikap sebagai seruan.

Diantaranya, mengajak masyarakat Maluku bersama-sama menjaga kehidupan kerukunan, bersama-sama menjunjung tinggi nilai-nilai Pluralisme (perbedaan), menolak berita hoaks yang dapat merusak kehidupan kerukunan orang basudara, menolak keras tindakan yang dapat memancing konflik orang basudara, menolak keras tendensi-tendensi politik yang dapat memecahkan kehidupan orang basudara.

Selain itu, GRM mengajak masyarakat Maluku menolak politik SARA yang dapat menghancurkan kehidupan umat beragama, menolak keras dan menghindari ujaran kebencian, menolak keras tindakan intoleransi dan meminta Pemerintah Maluku untuk mengajak seluruh masyarakat Maluku agar menjaga dan merawat tatanan kehidupan toleransi serta kehidupan kerukunan umat beragama orang basudara Maluku.

“Mari kita bersama-sama menjaga dan merawat budaya pela gandong orang Maluku,”ucap Korlap saat bacakan point seruan dalam pernyataan sikap. (RUZ)

Penulis:

Baca Juga