Sekilas Info

Dinas Pendidikan Buka 4 Sekolah Baru

SD Negeri Wali di Desa Wali, Kecamatan Namrole, Kabupaten Buru Selatan. DOK.KABAR TIMUR 

KABARTIMURNEWS.COM, NAMROLE - DinasPendidikan (Diknas) Kabupaten Buru Selatan di tahun ini telah membuka empat sekolah baru.

Keempat sekolah tersebut adalah SD Negeri Walafau dan SD Negeri di dusun Manggadua, SD Negeri Labuang dan SD Negeri Elfulle. Kepala Diknas Buru Selatan Nataniel Soulissa menjelaskan, pembukaan sekolah-sekolah ini karena perkembangan pendidikan di kabupaten  dengan julukan Lolik Lalen Fedak Fena itu terus meningkat.

"Kita buka dua sekolah ini karena adanya perkembangan pendidikan," kata Soulissa.

Namun kata Soulisa, hal ini tidak diimbangi dengan ketersediaan tenaga guru. Sejumlah sekolah di Kabupaten Buru Selatan masih kekurangan guru. "Kita punya pendidikan berkembang tetapi tidak dibarengi dengan ketersedian tenaga guru," ungkapnya.

Hal itu dikarenakan proses pengangkatan tenaga guru terbatas menyusul moratorium penerimaan CPNS, beberapa tahun lalu. "Proses penerimaan CPNS termasuk guru dilakukan 5 tahun sekali dan itu sangat berpengaruh untuk pengangkatan tenaga guru," kata Soulissa.

Untuk mengisi kekurangan tersebut, kebijakan pemerintah daerah mengangkat tenaga guru kontrak. "Sejumlah tenaga guru kontrak telah diangkat untuk mengatasi masalah kekurangan tenaga guru yang terjadi saat ini," pungkasnya. (KTL)

Penulis:

Baca Juga