Sekilas Info

Tiga Desa Belum Cairkan DD Triwulan II

ILUSTRASI

KABARTIMURNEWS.COM, NAMROLE - Tiga desa di kabupaten Buru Selatan belum mencairkan Dana Desa (DD) triwulan II tahun 2018.  Tiga desa itu masing-masing Waemulang, Emguhen, dan Kampung Baru.

”Untuk Dana Desa triwulan II, tiga desa belum mencairkan dana,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Buru Selatan, David Seleky di Namrole, beberapa waktu lalu.

Menurut Seleky penyebab belum dicairkannya DD ketiga desa tersebut lantaran belum menyerahkan proposal pertanggungjawaban anggaran triwulan pertama dan proposal untuk pencairan anggaran triwulan kedua.

Seleky mengaku tidak pernah mempersulit proses pencairan anggaran DD seluruh desa di kabupaten Buru Selatan.

Dikatakan proses pencairan akan dilakukan, jika laporan penggunaan anggaran triwulan pertama, dan proposal untuk penggunaan dana triwulan kedua dimasukan. “Kita tidak pernah memperlambat proses pencaiaran Dana Desa. Semua tergantung dari laporan pertanggungungjawaban dari masing-masing desa. Kalau laporan pertanggungjawaban sudah dimasukan, pasti proses pencairan dilakukan,” tegas Seleky.

Walaupun demikian, Selekyoptimis anggaran DD yang diberikan pemerintah pusat kepada 79 desa di Buru Selatan bisa terserap seluruhnya. ”Saya yakin Dana Desa yang dikucurkan pemerintah tahun 2018 bisa terserap semuanya,” ujarnya.

Sekedar diketahui dalam tahun anggaran 2018, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi mengalokasikan DD untuk Pemkab Buru Selatan sebesar Rp 74 miliar. Anggaran ini diperuntukanbagi 79 desa dengan jumlah bervariasi masing-masing desa. (KTL)

Penulis:

Baca Juga