Sekilas Info

Dua SD di Namrole Dimekarkan

SD Inpres Elfule di Desa Elfule, Kecamatan Namrole, Kabupaten Buru Selatan. MARLON SAHETAPY/KABAR TIMUR

KABARTIMURNEWS.COM, NAMROLE - Dua Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Namrole, Kabupaten Buru Selatan dimekarkan. Masing-masing SD Inpres Labuang dan SD Inpres Elfulle.

Pemekaran dua sekolah tersebut karena jumlah siswa dari tahun ke tahun mengalami peningkatan.

”Karena jumlah siswanya terlalu banyak, dan tidak seimbang dengan ruang belajar akhirnya dua sekolah itu kita mekarkan. SD Inpres Labuang dimekarkan menjadi satu sekolah lagi, yakni SD Negeri Labuang dan SD Inpres Elfulle menjadi SD Negeri Efulle,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Buru Selatan, Nataniel Soulissa di kantor bupati, Jumat (7/12).

Untuk SD Negeri Labuang jumlah rombongan belajar sebanyak 15. Sementara ruang kelas yang tersedia hanya 8. Kondisi ini mengakibatkan aktivitas belajar tidak bisa dilakukan.

Hal yang sama pula terjadi di SD Inpres Elfulle. “Karena kondisi ini, kita akhirnya membuka sekolah baru, yakni SD Negeri Labuang dan SD Negeri Elfulle,” tukas Soulissa.

Pembukaan dua sekolah baru lanjut mantan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten Buru Selatan ini, setelah masyarakat menyediakan lahan untuk pembangunan SD Negeri Labuang dan SD Negeri Efulle. “Ada masyarakat yang mau menghibahkan lahan mereka sehingga kita buka sekolah baru, dan itu dilakukan dalam tahun anggaran 2018 ini,” terangnya.

Soulisa berharap dengan dibukanya sekolah baru tersebut dapat memperlancar serta meningkatkan mutu pendidikan di tingkat SD.

“Kita buka sekolah baru dengan harapan proses pendidikan bisa berjalan lancar dan bisa berimbas pada peningkatan mutu pendidikan,” ujar Soulissa. (KTL)

Penulis:

Baca Juga