Sekilas Info

Delay 6 Jam, Penumpang Lion Air Protes

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Pesawat Lion Air JT JT 885 rute Ambon-Jakarta mengalami delay atau keterlambatan penerbangan selama enam jam di Bandara Internasional Pattimura, Ambon, Senin (5/11).

Penundaan tersebut membuat ratusan calon penumpang emosi dan nyaris ngamuk di ruang tunggu Bandara. Mereka kesal karena pesawat Lion Air tujuan Cengkareng delay berjam-jam.

Pesawat berlogo singa itu seharusnya berangkat dari Bandara Pattimura menuju Bandara Soekarno-Hatta pukul 08.10 WIT, namun hingga pukul 14.00 WIT, pesawat tidak kunjung terbang.

Belum ada keterangan resmi dari maskapai Lion Air, penundaan ini diduga karena komponen pesawat mengalami kerusakan sehingga harus dilakukan perbaikan oleh teknisi yang didatangkan dari Surabaya, Jawa Timur. “Tunggu teknisi dari Surabaya dan sampai sekarang tapi belum tahu, katanya berangkat sekitar jam 2 siang (14.00 WIT),” Ati, salah satu penumpang di ruang tunggu Bandara Pattimura, kemarin.

Selama penundaan pemberangkatan, maskapai Lion Air tidak memberikan kompensasi berupa makanan kepada calon penumpang yang dibiarkan terlantar di ruang tunggu Bandara Pattimura.

Sebagian calon penumpang yang kecewa, terpaksa memilih maskapai lain untuk berangkat menuju Jakarta. “Berangkat itu pukul 08.10 WIT tapi sampai sekarang belum berangkat. Saya terpaksa membeli tiket pesawat Garuda untuk berangkat ke Jakarta,” kata Rudi, calon penumpang Lion Air yang berangkat dengan pesawat Garuda.

Sebagian besar calon penumpang memilih menunggu penjelasan dari Lion Air terkait delay. Namun setelah 6 jam menunggu, mereka tidak mendapat jawaban memuaskan mengapa delay terjadi begitu lama.

“Penumpang sempat tanya ini pesawat mengalami kerusakan atau layak terbang? karena kita butuh keselamatan. Mereka menyampaikan (pihak Lion Air) tidak ada kerusakan apa-apa, cuma masalahnya engineering tidak ada di Ambon, nanti didatangkan dari Surabaya datang,” imbuh Ati. (KT)

Penulis:

Baca Juga