Sekilas Info

Kantor Badan Karantina Pertanian Diresmikan

Badan Karantina Pertanian

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Kota Ambon kini memiliki gedung Kantor Badan Karantina Pertanian (BKP) yang representatif.

Kantor BKP diresmikan oleh Kepala Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian RI, Banun Harpini di Dusun Kate-Kate, Desa Hunuth, Kecamatan Teluk Ambon, Rabu (31/10).

Menurut Harpini, peran strategi karantina pertanian dalam cegah tangkal masuk tersebar dan keluarnya hama penyakit hewan dan tumbuhan. Dalam era perdagangan global dewasa ini terus ditingkatkan sebagai upaya kontribusi dan memfasilitasi perdagangan di Indonesia dengan menyalakan 52 unit pelaksana teknis Karantina Pertanian di seluruh Indonesia.

Termasuk di Maluku, yakni Karantina Pertanian Ambon yang menjaga Maluku di pintu-pintu masuk dan keluar komoditas pertanian seperti Bandara Pattimura, Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Pelabuhan Namlea, pelabuhan Bobisadar dan Pelabuhan Tual.

“Karantina Pertanian Ambon juga terus meningkatkan fungsi perkarantinaan hewan dan tumbuhan baik dari segi pelayanan SDM maupun sarana prasarana sebagai tuntutan dan amanah undang-undang pelayanan publik,” katanya.

Wakil Walikota Kota Ambon, Syarief Hadler dalam sambutannya mengatakan, bicara soal lalu lintas komoditas pertanian yang datang dan pergi, masuk dan keluar dari Maluku, setiap tahun frekuensinya semakin meningkat seiring melonjaknya kebutuhan masyarakat akan pangan terutama dari produk pertanian.

Menurutnya, BKP Ambon telah menjalankan fungsinya dengan baik, mengawasi, memeriksa bahkan tak segan-segan menolak dan menahan komoditas pertanian, jika tak penuhi syarat karantina dan berpotensi menyebarkan hama penyaki baik hewan maupun tumbuhan.

“Kita sedang berupaya untuk mewujudkan Maluku bebas rabies di seluruh wilayah Maluku, juga menjaga Maluku tetap bebas flu burung. Ini tugas karantina yang harus didukung semua pihak,” tegas Hadler.

Hadler menjelaskan, amanah Undang-Undang (UU) Nomor 16 Tahun 1992 tentang karantina hewan, ikan dan tumbuhan bagi karantina pertanian, yakni menjaga masuk, tersebar, dan keluarnya hama penyakit hewan dan tumbuhan di seluruh wilayah Indonesia merupakan tugas berat.

Pemerintah Kota Ambon, tentu berkepentingan mendukung tugas pokok dan fungsi BKP bagi kepentingan masyarakat petani, kepentingan ekonomi.

“Dan tentu saja kekayaan alam yang kita miliki demi mewujudkan Kota Ambon yang harmonis, sejahtera, dn religius. Oleh sebab itu, dari tempat ini saya menyerukan dan mengajak kita semua mari katong dukung bersama langkah strategi Badan Karantinan Pertanian Ambon,” ajak Hadler.

Atas nama Pemkot Ambon, Hadler mengucapkan selamat atas selesainya pembangunan gedung BKP Ambon yang baru.
“Gedung yang megah ini semoga makin menambah semangat melayani dan melindungi negeri terutama melindungi Maluku, negeri seribu pulau,” katanya. (MG2)

Penulis:

Baca Juga