Sekilas Info

Hari Pertama Operasi Zebra, Puluhan Motor Terjaring

ilustrasi

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Hari pertama Operasi Zebra Siwalima 2018 di Maluku, Kepolisian Resor (Polres) Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, menjaring puluhan pengendara sepeda motor tanpa dokumen maupun perlengkapan kendaraan lainnya.

Puluhan sepeda motor terjaring dalam razia yang digelar Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Ambon di jalan Dr. Latumeten dan Parigi Lima, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Rabu (31/10).

Razia dikhususkan kepada pengendara sepeda motor, menindak pengendara yang tidak memiliki SIM, STNK, helm, kaca spion dan lain pelanggaran lainnya.

“Yang ditilang 28 motor dan dua diberikan teguran. Totalnya 30 kendaraan kami tindak karena melakukan pelanggaran. Razia hari ini (kemarin) sasarannya SIM serta kelengkapan komponen kendaraan,” kata Kasat Lantas Polres Ambon Iptu Fiat, kemarin.

Menurutnya, Operasi Zebra Siwalima 2018 serempak di seluruh Indonesia pada 30 Oktober, bertujuan untuk meminimalisir pelanggaran dan menekan angka kecelakaan lalu lintas.

“Kita mencoba mengurangi angka kecelakaan dengan melakukan razia. Ini juga butuh kesadaran pengguna kendaran roda dua. Karena itu, marilah bersama Satlantas menjaga ketertiban dan kenyamanan di jalan raya,” ajak mantan Kasat Lantas Polres Pulau Buru ini.

Fiat mengajak pengguna jalan raya terutama pemilik sepeda motor meningkatkan kesadaran berlalu lintas. Sebab, kecelakaan bisa terjadi di mana dan kapan saja. Namun, ketaaan akan aturan lalu lintas bisa mengurangi terjadinya kecelakaan.

“Saya minta kepada pengendara melengkapi surat-surat kendaraannya juga SIM. Berkendara harus memakai helm, taat aturan dan tidak ngebut di jalan raya. Dengan mentaati aturan lalu lintas, kita bisa meminimalisir kecelakaan,” tegas Fiat. (CR1)

Penulis:

Baca Juga