Sekilas Info

Ambon Ekspor Tuna & Cumi ke Vietnam

ilustrasi

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Permintaan ikan Indonesia dari pasar luar negeri ternyata besar. Membaca peluang bisnis yang menjanjikan tersebut, Dinas Perikanan Kota Ambon menggandeng pebisnis lokal menjalin kerjasama dengan pebisnis ikan dari luar negeri.

"Be to be merupakan kerjasama antara pebisnis ikan di Vietnam dan pebisnis di Ambon. Kemarin (Senin) mereka tandatangan di notaris untuk kerjasama," kata Kepala Dinas Perikanan Kota Ambon, Steven Patty di kantornya, Selasa (30/10).

Pebisnis ikan di Kota Ambon akan menyuplai kebutuhan ikan jenis Tuna ke negara Vietnam.

Kerjasama melibatkan dua perusahaan Baha'i di Vietnam dengan PT Maluku Mina Sejahtera (MMS) di Ambon. PT MMS merupakan salah satu perusahaan ikan di Maluku yang memakai coldstorage di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Eri. "Kerjasama dengan perusahaan di Vietnam, dari Ambon akan menyuplai ikan Tuna sebanyak 150 ton," sebut Patty.

Investor asing juga tertarik dengan komoditas biota laut seperti Cumi. "Pengusaha ini relokasi pangkalannya dari Bali ke Ambon. Sedang disiapkan ekspor Cumi dari PPI Eri sebanyak 50 ton," katanya.

Menurutnya, kerjasama ini akan mendatangkan pemasukan bagi Kota Ambon dan memiliki peluang lapangan pekerjaan. “Ini akan mendorong kita menyediakan sumber daya manusia yang berkualitas," jelas Patty. (MG2)

Penulis:

Baca Juga