Sekilas Info

Event Gala Desa akan Digelar

Ilustrasi

KABARTIMURNEWS.COM,BURSEL - Pemerintah Kabupaten Buru Selatan melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) akan menggelar event Gala Desa.

GALA Desa akan mempertandingkan empat cabang olahraga, yakni sepak bola, voli, tenis meja dan atletik. Event ini merupakan program nasional dari Kementerian Pemuda dan Olahraga. Untuk mensukseskan gawe tersebut, Dispora menggandeng KONI Kabupaten Bursel.

Sekretaris KONI Kabupaten Bursel, Arsad Souwakil menjelaskan, Gala Desa akan mulai bergulir 27 Oktober. “Ini masih sebatas rencana, jadi waktu pembukaan sekaligus pelaksanaannya bisa saja berubah karena kita sesuaikan dengan jadwal dari Kemenpora maupun Bupati,” kata Souwakil kepada Kabar Timur di Namrole, kemarin.

Panitia teknis penyelenggaraansudah terbentuk. Dan pendaftaran empat cabang olahraga yang dipertandingkan sudah dibuka. “Sebagai kordinator panitia telah rapat untuk mempersiapkan perlombaan. Apalagi kegiatan ini baru pertama dilaksanakan di Kabupaten Bursel,” ujar Souwakil.

Menurutnya, persiapan panitia Gala Desa sudah mencapai 65 persen. Cabang olahraga bola voli akan berlangsung di Gor halaman kantor KONI.  Tenis meja di Sekretariat KONI dan gedung serba guna. “Untuk atletik ada pilihan, apakah depan kantor bupati atau di Desa Wali,” jelasnya.

Agar event olahraga ini bisa diikuti seluruh masyarakat setiap desa di wilayah dengan semboyan Satukan Hati Membangun Negeri tersebut, panitia telah menyurati para camat dan kepala desa.

Kata dia, penyelenggaraan Gala Desa tahun ini sebagai implementasi Instruksi Presiden Indonesia Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. “Tujuannya menjadikan masyarakat sehat dan bugar, terciptanya ketahanan sosial serta menggali potensi maupun bakat dari desa atau kelurahan untuk dikembangkan di tingkat nasional. Adapun sasaran penyelenggaraannya adalah seluruh lapisan masyarakat desa kehususnya pelajar dan masyarakat umum,” ujar Souwakil. (KTL)

Penulis:

Baca Juga