Sekilas Info

Maluku Target Juara Umum Pesparani

DOK/KABAR TIMUREdwin Huwaee

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON - Ketua Kontingen Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Nasional I Provinsi Maluku, Edwin Adrian Huwae mengatakan, peserta Pesparani Nasional asal Maluku secara keseluruhan adalah putra-putri terbaik tanah rempah-rempah. Tentunya, tidak ada pilihan lain, Maluku harus bisa meraih juara umum pada perhelatan tersebut.

“Ini putra-putri terbaik Maluku. Makanya target kami, Maluku keluar sebagai juara umum,”kata Huwae kepada awak media usai pelepasan kontingen Pesparani Nasinal I Maluku di kantor DPRD Maluku, Selasa (9/10).

Dia mengatakan, peserta Maluku terwakili dari putra-putri yang tersebar dari 11 kabupaten/kota di Maluku. Oleh karena itu, pertandingan ini bukan lagi dalam identitas mewakili satu kabupaten namun untuk kepentingan Maluku pada umumnya.

“Kontingen yang ada semuanya perwakilan 11 kabupaten/kota di Maluku. Nah, karena ini event tingkat nasional, maka bukan lagi kabupaten/kota yang diwakilkan peserta tapi peserta perwakilan Maluku,”tandasnya.

Ketua DPRD Provinsi Maluku itu mengungkapkan, peserta Pesparani asal Maluku sebelumnya telah diseleksi ketat. Tahapan seleksi itu tentunya untuk mencari peserta yang benar-benar memiliki kemampuan menghadapi 12 mata lomba yang nantinya dipertandingkan.

Dikatakan, untuk mencapai target yang diinginkan, seluruh peserta kemudian dikarantinakan di mess Gonzalo. Tujuannya, agar pelatih yang sudah disiapkan tim kontingen Maluku bisa memberikan dan melatih para peserta untuk lebih baik lagi.

“Di karantina nanti, peserta ini akan dilatih supaya keterampilan dan teknik menyanyi termasuk mata lomba lain bisa ditingkatkan kualitasnya. Harapan kami, semoga target yang diinginkan bisa tercapai,”ujarnya.

Dia mengaku, dari seluruh peserta Pesparani Nasional asal Maluku, keterwikalan peserta paling banyak berasal dari Kota Ambon dan Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB). “Kita punya peserta paling banyak diwakilkan perwakilan Kabupaten MTB dan Kota Ambon,”pungkasnya.

(Mg3)

Penulis:

Baca Juga