Sekilas Info

Hanya 900 Guru Kontrak SBT Diakomodir

Ilustrasi

KABARTIMURNEWS.COM,BULA-Hasil rekrutmen guru kontrak di Kabupaten SBT bakal diumumkan pekan ini. Bupati Abd Mukti Keliobas menyatakan Pemda telah optimal sesuai kemampuan keuangan daerah, sehingga mentok hanya 900 guru  diterima, dari total 1700 guru yang mengikuti  seleksi.

Ribuan pelamar dalam rekrutmen guru kontrak ini kabarnya lama menunggu pengumuman. Dinas Pendidikan hanya memastikan pengumuman sisa tunggu tanggal main. Tapi kapan, jawabannya ada pada Bupati SBT ini.

Selasa kemarin, Mukti menyatakan pengumuman akan dilaksanakan pada Jumat (7/9) pekan ini. “Menurut panitia (seleksi) dan Kadis Pendidikan hari Jumat diumumkan, itu laporan panitia dan Kadis kepada saya. Saya juga ingin hari Jumat. Mudah-mudahan tepat waktu,” tandas Keliobas kepada wartawan di Kantor DPRD Kabupaten SBT, Selasa (4/9).

Sesuai harapan, 1000 lebih guru kontrak ingin diakomodir oleh Pemda SBT. Tapi setelah dipertimbangkan dengan kemampuan APBD, itu tidak bisa dilakukan guna mengejar target rasio jumlah guru dan murid di daerah ini.

Total 1400 guru yang telah melamar melalui Dinas Pendidikan dan 300 guru pada Kementerian Agama. Namun hanya terakomodir 700 guru untuk jalur Dinas pendidikan dan 90 guru melalui jalur Kemenag.

Dalam rapat antara Bupati-Wakil Bupati dengan Sekda, BKD dan Kepala Dinas Keuangan, dia mengatakan, dana APBD sebesar Rp 13 miliar hanya mampu mendanai 900 guru kontrak. “Kalau memang kekuatan APBD kita mampu, kita malah ingin menjajaki kemungkinan penambahan menjadi 1000 lebih guru kontrak,” cetus Mukti.

Ditambahkan dirinya lebih tegas menyikapi keberadaaan guru-guru ini. Dan para guru ini akan diwajibkan menandatangani Pakta Integritas untuk mempertegas kehadiran mereka di kelas.

Jika sesuai laporan bulanan ditemukan indikasi ketidakhadiran tanpa alasan yang jelas, guru tersebut akan dibebas tugaskan. “Kita akan melakukan pergantian, karena ada pakta integritas yang ditandatangani dengan Dinas Pendidikan,” ujar Mukti Keliobas.

(KTA)

Penulis:

Baca Juga