Sekilas Info

Oknum BKD “Siluman” SBT Bermain

Ilustrasi

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON - Wacana pergantian pejabat dan perombakan birokrasi mulai pasti. Bupati dan Sekda mengamini rotasi jabatan di Pemkab Seram Bagian Timur bakal dilakukan dalam waktu dekat.

Gerbong pejabat di lingkup Pemkab SBT sebentar lagi bergerak. Hanya saja, sebelum jalannya rencana perombakan mulai ada oknum-oknum di Badan Kepegawaian Daerah (BKD)  bergerilya bak makelar kasus alias “Markus”  beroperasi di kamar-kamar kos di Kota Bula.

Oknum-oknum  disebut-sebut yang mengatur siapa yang harus diganti siapa yang harus dimutasi dan dinonjobkan. Kemudian siapa yang harus diorbitkan sebagai pejabat daerah. Pejabat-pejabat yang bakal diorbitkan mulai jadi lahan “basah” oknum-oknum BKD siluman ini.

“Dong itu tim-tim muallaf. Adoo kamong ini katong musti ajar lagi. Tim muallaf itu berarti sebelumnya lawan. Pindah jadi tim kepala daerah terpilih. Bupati seng mampu tolak dia pung ring satu sendiri bagaimana?,” ujar salah satu pejabat yang mengaku dekat dengan Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas kepada Kabar Timur, Senin (27/8)

Entah oknum BKD “siluman” ini ikut mempengaruhi penentuan posisi jabatan eselon II yang tinggal tunggu pelantikan satu dua hari ini, yang pasti, kata kepala BKD Asri Keliora saat dihubungi, mengaku mereka yang siap dilantik telah sesuai mekanisme. Yakni proses lelang jabatan dengan mekanisme uji kompetensi di hadapan panelis yang juga terdiri dari akademisi Universitas Pattimura.

Karena itu Asri menepis, tim BKD siluman ini yang menentukan hasil lelang jabatan yang digelar Desember 2017 lalu. Ketika dikonfirmasi soal salah satu sepak terjang tim BKD “siluman”, Asri awalnya kesal tapi kemudian tersenyum geli.

Namun Asri, tidak menepis atau mengamini, soal sepak terjang BKD “siluman” yang dimaksud. Yang menonjobkan pejabat semisal Camat karena diduga bermain untuk paslon lain di Pilkada SBT lalu itu. Kemudian membuat SK bodong pengangkatan Camat dan pejabat eselon III lainnya.

“Sapa lai yang kasih kamong informasi bagitu, itu barang sudah lama. Sementara beta ini orang baru di BKD, tanya kepala BKD lama,” ujarnya dengan nada tak pasti mengiyakan atau menepis informasi itu.

Sebelumnya, Asri mengaku hasil lelang jabatan telah dikantongi pihaknya. Siapa-siapa yang bakal menduduki posisi Kepala OPD defenitif, itu sudah diputuskan, tinggal ditetapkan dan dilantik.

Terpisah, Sekda SBT Syarif Mansyur tak menepis pelantikan pejabat eselon II defenitif tinggal menghitung hari. “Dalam waktu dekat, Bupati sudah kasi sinyal untuk lakukan pelantikan,” terang Sekda SBT itu kepada Kabar Timur, usai pembukaan Kemah Cabang Pramuka SBT di Pantai Gumumae, kemarin.

Dia mengaku, posisi masing-masing pejabat memimpin OPD tertentu sudah diputuskan. “Intinya tinggal pelantikan saja,” akuinya tanpa menyebutkan hari apa dan tanggal berapa upacara pelantikan tersebut. (KTA)

Penulis:

Baca Juga