Sekilas Info

Odie Orno Menguat Rebut Kursi Wabup MBD

Ist/KABARTIMURNEWS

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON - Meski Bupati Maluku Barat Daya, Barnabas Orno,  belum dilantik menjabat  Wakil Gubernur Maluku, wacana pengisian kursi Wakil Bupati MBD, mulai panas. Ini setelah sejumlah nama mulai di jagokan.

Pasalnya,  setelah Orno bersama calon Gubernur Maluku terpilih, Murad Ismail dilantik 10 Maret 2019 mendatang, posisi kursi Bupati MBD yang kosong, sesuai aturan main  Wabup MBD Benyamin Noach diusulkan dilantik menjabat Bupati MBD sisa masa jabatan periode 2016-2020.

Nama, Kepala Bapeda  MBD, Odie Orno misalnya, mulai diunggulkan mengisi posisi kursi Wabup MBD. Selain Odie Orno, sebelumnya nama Alexander Orno, anggota Fraksi PDIP DPRD Maluku, ikut disebut-sebut berpeluang mengisi kursi Wabup MBD. Tak hanya itu, Ketua DPC PDIP MBD, Chau Petrus ikut diwacanakan berpeluang mengisi kursi panas itu.Memang nama Odie Orno mulai dijagokan  berpeluang menjabat kursi Wabup MBD,ííkata salah satu anggota DPRD MBD ketika dihubungi Kabar Timur, kemarin.

Wakil rakyat yang enggan namanya diwartakan mengaku,  Odie Orno mulai melakukan konsolidasi untuk mendapat dukungan untuk merebut kursi Wabup. Katanya, pak Odie mulai mengurus Kartu Tanda Anggota (KTA) PDIP dan siap mundur dari Aparatur Sipil Negara (ASN),sebutnya.

Tak hanya itu, dia juga menyebut,  Chau Petrus yang juga Ketua DPRD MBD, tidak tinggal diam. Petrus, disebut mulai ëíbergerilyaíí untuk merebut kursi Wabup MBD.Proses pemilihan dan pengusulan posisi Wabup MBD, nantinya bakal alot dan panas. Tergantung siapa yang diinginkan pak Noach, untuk mendampinginya,ííterangnya.

Terpisah, Odie Orno ketika dihubungi soal dirinya berpeluang merebut kursi Wabup MBD, dia berkilah kalau hanya diwacanakan.ííItu informasi (posisi Wabup MBD) dari masyarakat. Partai yang tentukan,tandasnya.

Dia mengaku, dirinya belum tentu mengiyakan keinginan masyarakat untuk posisi Wabup MBD. Apalagi, ingat adik Bupati MBD, Barnabas Orno itu, dirinya saat ini tidak berpikir untuk rebut posisi Wabup.íí Belum tentu saya mau. Mereka bicara tentang saya punya nasib, tapi tidak tanya saya. Memang saya diwacanakan seperti itu. Informasi saya dengar seperti itu. Saya ketawa-ketawa saja, jelasnya.

Soal dirinya telah mengurus KTA PDIP untuk mempersiapkan diri merebut kursi Wabup MBD, dia mengaku.ííItu tidak betul. Ada yang bergurau saja. Saya sangat tahu itu jabatan politik.  Tapi, sampai sekarang belum ada menyampaikan kepada saya soal posisi Wabup MBD,tegasnya.

Apalagi, ingat dia, keputusan dirinya pindah partai meninggalkan statusnya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk masuk di wilayah politik,   sangat berat.íí Tidak serta merta pindah. Butuh pertimbangan dan perhitungan yang matang,ingatnya.

Terpisah, Ketua DPD PDIP Maluku, Edwin Huwae mengatakan, pihaknya hingga kini belum bergerak membahas siapa pengganti Noach, setelah Orno dilantik sebagai Wakil Gubernur Maluku.Usul ganti siapa. Pengusulan Wabup MBD, ada mekanismenya. DPP PDIP yang putuskan,kata Huwae kepada se-jumlah wartawan, kemarin. (KTM)

Penulis:

Baca Juga