Sekilas Info

Reza Mangar Peroleh Beasiswa Hingga S1

IST/KABARTIMURNEWS

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON-Aksi heroik Yohanes Ande Kala atau Joni, siswa kelas VII SMP Negeri Silawan, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur menyedot perhatian publik. Joni menjadi perhatian usai videonya memanjat tiang bendera agar bendera Merah Putih bisa berkibar pada HUT Kemerdekaan RI ke-73 viral di media sosial.

Kisah Joni memanjat tiang bendera, rupanya membawa berkah bagi Muhammad Reza Mangar . Bocah asal Kepulauan Aru, Maluku ini juga sempat viral di media sosial karena aksinya mirip dengan Joni, yaitu memanjat tiang bendera demi berkibarnya sang Merah Putih.

Beda dengan Joni, aksi heroik bocah 12 tahun dari Desa Waria, Kecamatan Aru Utara Timur Batuley, Kepulauan Aru itu dilakukan pada upacara HUT ke-14 Kabupaten Kabupaten Aru di Lapangan Yos Sudarso, Dobo, Desember 2017.

Ketika itu tali di tiang bendera rusak dan Reza dengan berani memanjat dan membetulkannya. Bendera merah putih dapat dinaikkan dan dikibarkan setelah Reza membenahi tali.

Reza merupakan anak yang putus sekolah dan kesehariannya kini menjadi pembantu nelayan demi menyambung hidupnya bersama sang nenek. Kini nasib Reza berubah, aksinya viral di media sosial setelah beberapa pengguna akun facebook mengunggah ulang foto Reza memanjat tiang bendera.

Akhirnya, dengan bantuan berbagai pihak, Reza Mangar juga tak kalah mendapat apresiasi seperti layaknya Joni. Reza mendapat bantuan dari PLN Rayon Dobo.

Salah satu akun Instagram atas nama Fahdiana Intan selaku karyawan PLN, menyampaikan bahwa Reza yang sudah putus sekolah tersebut akan mendapat bantuan dari PLN, berupa beasiswa sekolah hingga Strata 1. B antuan tersebut telah disampaikan langsung ke Reza melalui neneknya.

Reza Mangar juga mendapat beasiswa dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Dia mendapat tabungan Rp 1 juta per bulan hingga lulus SMA.

Penyerahan beasiswa kepada Reza dilakukan di ruang tamu Panglima TNI, Mabes TNI, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Saat menyerahkan beasiswa, Hadi berpesan kepada Reza agar dapat meneruskan pendidikan hingga jenjang yang lebih tinggi.

Bahkan Hadi menyarankan Reza dapat mewujudkan cita-cita menjadi seorang tentara. Reza dapat memilih masuk ke akademi Angkatan Udara, Angkatan Laut, Angkatan Darat, ataupun kepolisian. “Kalau kesehatan bagus, jasmani bagus, akademik bagus, dan psikologi bagus, bisa masuk pilihan Akademi Militer, Akademi Angkatan Laut, Akademi Angkatan Udara, atau Akademi Kepolisian, menjadi Letnan Dua,” ujar Hadi dalam keterangan tertulis, Kamis (23/8).

Tak sekadar menyarankan, Hadi juga memerintahkan Danramil 1503-03/Dobo dapat memonitor Reza dalam mewujudkan cita-citanya itu. Diharapkan Reza menjadi generasi yang dapat membangun wilayah Aru.

“Untuk itu, saya minta orang tua turut mengawasi supaya Reza menjadi anak yang pintar agar bisa membangun wilayah tempat dia tinggal,” kata Hadi.

Saat acara pemberian beasiswa kepada Reza, Panglima TNI didampingi oleh Aspers Panglima TNI Marsda TNI Dedy Permadi, Kapuspen TNI Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah dan Waaster Panglima TNI Brigjen TNI Mar Purnomo. (KT)

Penulis:

Baca Juga