Sekilas Info

Pleno 9 Kabupaten-Kota, BAILEO Unggul

Grafick/KABARTIMURNEWS.COM

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON - Paslon nomor urut dua Murad Ismail-Barnabas Orno
(BAILEO) dipastikan unggul di Pilgub Maluku, setelah pleno rekapitulasi KPUD di 9 Kabupaten/Kota.

Total Suara Hasil Pleno Pilgub di 9 KPU Kabupaten/Kota menyatakan BAILEO unggul dalam perolehan suara. Kecuali dua Kabupaten belum dapat dipastikan, yakni Maluku Barat Daya (MBD) dan Seram Bagian Timur (SBT) yang masih dalam proses rekapitulasi di KPUD setempat.

Di Kabupaten MBD dari 17 kecamatan, baru 3 kecamatan yang telah rampung. Namun Ketua KPU Provinsi Maluku Syamsul Rifan Kubangun memastikan proses rekapitulasi suara di KPUD MBD sudah harus selesai hari ini.

Jika kemungkinan terjadi keterlambatan, akui dia, itu dikarenakan faktor cuaca ekstim. Sehingga mengakibatkan pengiriman surat suara ke KPUD setempat terhambat.

“Masih tiga kecamatan itu, Kecamatan Moa-Lakor, Pulau Lakor dan Kecamatan Letti. Nanti dilihat kalau bisa diselesaikan besok, ya besok (hari ini). Tapi kalau belum bisa, ya bisa diperpanjang. Tergantung situasi di lapangan,” jelas Rifan dihubungi Kabar Timur pukul 21.00 WIT tadi malam.

Sementara itu untuk Kabupaten SBT, Komisioner KPU Provinsi Maluku La Alwie menyatakan surat suara dari 15 kecamatan telah sampai di KPUD SBT di Kota Bula, sejak rekapitulasi dilakukan mulai pukul 17.00 WIT, pada Rabu (4/7) lalu.

Namun dari seluruh kecamatan, baru 6 kecamatan selesai proses rekapitulasi di KPUD SBT. Sehingga tersisa 9 kecamatan yang mengalami keterlambatan tiba di KPUD namun sudah dalam proses rekapitulasi tadi malam.

“Malam ini perhitungan sembilan kecamatan dong lanjut. Dan dipastikan malam ini (tadi malam) selesai. Karena besok (hari ini) batas terakhir perhitungan tingkat kabupaten,” tandas La Alwie.
Seperti yang disampaikan Ketua KPU Provinsi Maluku, La Alwie juga menyatakan, cuaca ektrim juga menyebabkan keterlambatan pengiriman surat suara dari kecamatan ke KPUD SBT.

Dia menambahkan, kalau rekapitulasi telah selesai dan dipleno oleh KPUD SBT, hari ini juga langsung dikirim ke KPU Provinsi Maluku. “Setelah dihitung langsung dikirim surat suaranya ke KPU Provinsi, melalui jalan darat,” jelas dia.

Grafis Hasil Pleno Pilgub di 9 Kabupaten/Kota. (KTA)

Penulis:

Baca Juga