Sekilas Info

PDIP Wacanakan Orno Jabat Wabup MBD

Barnabas Orno - Dok/Kabartimurnews.com

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON-Meski belum ada putusan KPU Maluku, terkait pemenang pemilihan Gubernur, internal PDIP mulai mewacanakan siapa yang layak menjabat Wakil Bupati Maluku Barat Daya. Pasalnya, calon Wakil gubernur Maluku, Barnabas Orno yang juga Bupati MBD bersama Murad Ismail, unggul di Pilkada Maluku bakal meninggalkan kursi Bupati.

Sesuai aturan main, Wakil Bupati MBD, Benyamin Noach akan diusulkan menjabat Bupati MBD, setelah Murad-Orno dilantik sebagai gubernur dan wakil gubernur Maluku, medio Maret 2019 mendatang.

Lantas, siapa kader PDIP yang diusulkan menggantikam Noach. Nama Alexander Orno santer diwacanakan menggantikan Noach. Anggota DPRD Maluku itu dinilai layak mengisi kursi Wabup MBD.’’Sepertinya, Aleka (nama panggilan Alexander) yang diusulkan menggantikan posisi pak Noach sebagai Wabup,’’kata salah satu kader PDIP pekan kemarin.

Skenarionya, kata kader yang enggan namanya diwartakan, setelah Orno dan Noach dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati MBD, mereka kembali berpasangan pada Pilkada MBD 2020 mendatang. “Setelah mereka berpasangan Pilkada MBD berikutnya Aleka Orno maju merebut kursi Bupati MBD,’’paparnya.

Apalagi, ingat dia, Aleka memang dipersiapkan menggantikan posisi kakaknya Barnabas Orno untuk maju di Pilkada MBD, jika tidak terpilih menjabat Wakil Gubernur Maluku.’’Memang Aleka sudah dipersiapkan jauh-jauh hari. Pak Orno terpilih bersama pak Murad tentu peluangnya terbuka,’’sebutnya.

Sekretaris DPD PDIP Maluku, Luki Wattimury mengatakan, pihaknya pada waktunya akan membicarakan siapa kader yang diusulkan menggantikan Noach yang diusulkan menjabat Bupati MBD.’’Kita akan putuskan siapa yang diusulkan menjabat Wabup MBD,’’kata Luki kepada Kabar Timur, pekan kemarin.

Dia mengaku, pihaknya mengusulkan Wabup MBD karena Pilkada MBD 2015 lalu, memenuhi syarat mengusulkan pasangan Bupati dan Wakil Bupati MBD.’’PDIP di MBD meraih 4 kursi. Itu berarti PDIP memenuhi persyaratan mengusung pasangan calon,’’tandasnya.

Lantas, Pilkada MBD ada sejumlah partai politik ikut mengusung Ornp-Noach, dia mengaku, parpol pendukung seperti Golkar, Demokrat, dan PKPI hanya parpol pendukung.’’Tentu siapa yang menggantikan pak Noach dari PDIP. Itu aturan main,’’tegasnya.

Ketika disinggung, nama Aleka Orno santer diwacanakan bakal menggantikan kakanya Barnabas Orno yang terpilih bersama Murad Ismail merebut kursi gubernur dan wakil gubernur, dia enggan berkomentar.’’Apakah itu Aleka atau yang lain. Nanti kita bicarakan secara internal,’’pungkasnya.(KTM)

Penulis:

Baca Juga