Warga Ambon Antusias Tukar Uang Baru

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON  -  Warga Kota Ambon, Maluku, antusias melakukan penukaran uang pecahan kecil menjelang Idul Fitri pada kegiatan Kas Keliling Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku yang digelar di Lapangan Merdeka Ambon.

"Kegiatan Kas Keliling yang berlangsung hari ini merupakan hari ketiga, sebab kegiatan ini sesuai dengan jadwal berlangsung selama tiga hari yakni dari 2 sampai 4 April 2024," kata Kepala Unit Pengelolaan Uang Rupiah BI Maluku A Yazid Niam, di Ambon, Kamis.

Penukaran uang lewat kas keliling tersebut bertajuk Serambi yakni Semarak, Rupiah, Ramadhan dan Berkah Idul Fitri.

"BI juga kerja sama dengan enam bank di Kota Ambon yang melayani pertukaran uang kecil di lapangan Merdeka," ujarnya.

Ia menyebutkan animo warga Kota Ambon yang datang untuk melakukan penukaran uang semakin banyak, hari pertama berkisar 300 orang, hari kedua 400 ratusan, dan di hari ke empat ini sudah mencapai 500 orang yang datang.

Yazid mengatakan, hari ketiga BI menyiapkan modal Rp2 miliar, dan diperkirakan akan tertukar habis, apalagi hari ini merupakan penukaran hari terakhir di Lapangan Merdeka Ambon untuk kegiatan Kas Keliling.

Namun Jumat (5/4) besok, masyarakat masih bisa menukarkan uang di perbankan, terutama loket-loket bank yang memasang spanduk layanan penukaran uang.

Yazid menjelaskan, kegiatan penukaran hari ini sistemnya paket maksimal Rp4 juta, terdiri dari pecahan Rp50.000 (Rp1 juta), pecahan Rp20.000 (Rp1 juta), pecahan Rp10.000 (Rp1 juta), kemudian pecahan Rp5.000 (Rp500.000), Rp2.000 (Rp400.000), dan pecahan Rp1.000 (100.000).

"Karena ini paket pintar jadi ini nanti verifikasinya pakai KTP, biar terbagi rata semua, maka hanya satu orang per satu paket saja," katanya lagi.

Pendaftaran menggunakan https//pintar.bi.go.id, nanti tinggal memilih pecahan mana yang ingin ditukarkan, bahkan kami juga menyiapkan pecahan khusus Rp75.000, katanya pula.

Evie, salah seorang pengunjung yang bermukim di kawasan Galunggung, Desa Batu Merah, sempat menukarkan uang sebanyak satu paket, mengaku sangat senang sekali dengan adanya kegiatan Kas Keliling di Lapangan Merdeka ini,

"Tidak repot lagi untuk pergi ke bank guna menukarkan uang kecil, apalagi di sini selain uang kecil yang ditukar mulai dari pecahan Rp50.000 sampai dengan Rp1.000, kami juga bisa menukarkan uang pecahan Rp75.000," katanya lagi.

Menurutnya, uang itu akan digunakan untuk membeli barang kebutuhan pokok sebagai persiapan untuk perayaan hari Lebaran bersama keluarga dan handai tolan. (AN/KT)

Komentar

Loading...