Coblos Di TPS 1 Tihu, Gubernur Harap Pemilu Berlangsung Adil Dan Damai

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Gubernur Maluku, Murad Ismail melakukan pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 01 Kelurahan Tihu, Kecamatan Teluk Ambon, Rabu (14/2).

Tiba pukul 09.32 WIT, orang nomor satu di Maluku itu, mendapat nomor urut 173 di TPS tersebut.

Usai mencoblos, Gubernur berharap proses pemilu di Maluku berlangsung aman, transparan dan adil.

Gubernur berharap pesta demokrasi lima tahunan tersebut yang mendasari sistem pemilihan umum mendapat keterlibatan aktif masyarakat.

Bukan hanya itu pengawasan oleh lembaga independen serta penegakan hukum yang adil merupakan faktor penting dalam memastikan pemilu berjalan baik dan hasilnya dapat dipercaya.

Seluruh pihak harus patuh terhadap aturan dan prosedur yang telah ditetapkan juga menjadi landasan untuk mencapai pemilu yang demokratis.

"Insya Allah pasti berjalan lancar. Bupati/Walikota tadi malam saya telepon, semua mengatakan siap pemilu dilaksanakan secara aman dan tertib. Saya sarankan masyarakat memilih dengan hati untuk perbaikan Indonesia kedepan bukan berarti Indonesia hari ini tidak baik-baik saja. Tapi kalau masalah pemilu, itu harus jurdil dan luber,"tegasnya.

Usai mencoblos, Gubernur, didampingi Kabinda, Anton Iriyanto Popang, Ketua KPU Maluku, Syamsul Rifan Kubangun, Ketua Bawaslu Maluku, Subair, Wakapolda Stephen M. Napiun dan

Kasdam XVI / Pattimura, Agung Pambudi, meninjau TPS 01 Kelurahan Karang Panjang di Pabrik Roti Sarinda, TPS 01 Kelurahan Uritetu di SMA Negeri 2 Ambon, TPS 04 Kelurahan Wainitu di SMA Muhammadiyah Ambon dan TPS 08 Kelurahan Waihaong.

Ditempat berbeda, Wakil Gubernur, Barnabas N. Orno, bersama isteri Beatrix S. Soumeru, menggunakan hak suaranya di TPS 039 Kelurahan Kudamati. Wagub coblos dengan nomor urut 18, sedangkan isteri nomor 19.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Maluku, Sadali Ie, juga menggunakan hak suaranya. Bersama isteri, Nita Sadali, Sekda nyoblos di TPS 67 Batu Merah dengan nomor urut 108, sementara isteri bernomor 185. (KTL)

Komentar

Loading...