Pj Bupati Malteng Ikut Dievaluasi Oleh Kemendagri

KABARTIMURNEWS.COM, JAKARTA - Penjabat Bupati Maluku Tengah (Malteng) Rakib Sahubawa mengikuti evaluasi kinerja penjabat kepala daerah di Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) di Jakarta, Selasa (12/12/2023). Sahubawa pada kesempatan itu memaparkan sejumlah pencapaian Pemda Malteng.

Diakui Sahubawa, terkait evaluasi tersebut, diakui pihaknya ada sejumlah inovasi dan kemajuan di berbagai sektor. Yang mana hal itu mencerminkan komitmen serta dedikasi pihaknya untuk peningkatan pelayanan publik secara optimal.

Sementara itu, Inspektur Khusus Kemendagri, Teguh Narutomo mengatakan, pihaknya harus mengevaluasi para penjabat Bupati. Hal itu dimaksudkan untuk memastikan sejauh mana pencapaian mereka mengelola daerah masing-masing.

Yang pasti, sambung Teguh, evaluasi kinerja Penjabat Bupati/Walikota twlah diamanatkan dalam pasal 18, 19, 20, 21 dan 22 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4/2023 tentang penjabat gubernur, penjabat bupati dan penjabat walikota.

Lanjut, Inspektur Khusus Kemendagri, Teguh Narutomo, dia mengatakan terkait peraturan tersebut, penjabat kepala daerah wajib menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) paling sedikit 3 bulan sekali.

"Evaluasi kinerja terhadap penjabat bupati ini, berfokus pada sejumlah indikator kinerja dan pencapaian dalam berbagai aspek pemerintahan," kata Teguh Narutomo.

Dari evaluasi yang dilakukan, masih Teguh, hasilnya akan menggambarkan secara menyeluruh tentang pencapaian, keberlanjutan, dan potensi perbaikan yang sudah dilakukan. Yang mana hal itu akan memberikan dampak positif pada tingkat kepuasan masyarakat. (KTA)

Komentar

Loading...