Penembak Warga Sirisori Amalatu Belum Terungkap

KABARTIMURNEW,AMBON, - Penembak warga Sirisori Amalatu, Kecamatan Saparua, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Minggu, kemarin, masih terus diburu Tim Polsek Saparua.  Hanya, saja belum terungkap siapa penembak misterius itu.

“Masih dalam penyelidiakn tim polisi. Sampai sore tadi (kemarin-red),  belum ditemukan pelaku penembakan itu. Masih misteri,” ungkap sejumlah warga yang dihubungi Kabar Timur, Senin, kemarin.

Warga menduga, pelakunya  setelah melakukan aksinya langsung masuk hutan. “Mungkin pelakunya masih di hutan.  Katong doa saja semoga, siapa pelakunya bisa ditangkap aparat kepolisian yang sementara  masih melacak,” sebut warga lainnya.

Warga sendiri menolak menduga-duga tentang pelaku penembakan. “Pokoknya katong seng mau tuduh menuduh. Katong biarkan saja aparat penegak hukum (polisi), yang bekerja mengungkap siapa pelakunya,” kata mereka.

Kalaupun nantinya, pelaku berhasil diringkus warga menyerahkan sepenuhnya menjadi kewenangan pihak kepolisian menindaklanjuti prosesnya. “Kalau ditangkap pelakunya itu jadi kewenangan polisi. Biarkan hukum yang bicara,” tutup mereka.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya seorang warga Sirisori Amalatu, Kecamatan Saparua Timur, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng),  dilaporkan tewas ditembak, Orang Tak Dikenal (OTK), di Hutan Asino, Minggu (18/4), sekira pukul 12.20. WIT, siang.

Informasi yang dihimpun Kabar Timur menyebutkan, korban tewas  warga Sirisori Amalatu, diketahui bernama:  Yakob Tutuhatunewa (69). Peluru OTK mengenai pelipis kiri tembus belakangan kepala sebelah kanan korban, menyebabkan korban tewas ditempat.

Korban diketahui tewas ditempat, setelah mendapat pemeriksaan medis dokter di Rumah Sakit Umum Saparua, sewaktu korban dilarikan warga. “Sewaktu dibawa ke Rumah Sakit dan dokter memeriksa, korban ternyata telah meninggal, sebelum sampai ke RS,” ungkap warga yang berhasil dihubungi, Minggu.

Informasi lain menyebutkan, sebelum korban diketahui tertembak, warga sempat mendengar lima kali suara tembakan. “Ada lima kali suara tembakan yang didengar warga. Warga juga memastikan suara tembakan itu yang salah satunya mengenai korban,”  ungkap warga itu.

Belum diketahui pasti jenis senjata dan peluru yang menewaskan korban, berikut pelakunya. Namun luka bekas peluru yang berada pada belakang kepala korban berdiameter 1cm. Kabar adanya penembakan warga  Sirisori Amalatu oleh OTK beredar cepat.

Tak pelak, Tim Polsek Saparua bergerak. Tim ini, dipimpin Wakapolsek Iptu  G.P.Hutabarat langsung terjun ke TKP.  Namun seperti apa hasil perburuan OTK oleh Tim Polsek Saparua ini, hingga berita ini naik cetak belum dapat konfirmasinya.

Kapolresta Ambon dan Pp Lease, Kombes Leo Surya Nugraha Simatupang, membenarkan  adanya insiden penembakan di Saparua. “Benar ada peristiswa penembakan salah satu warga Sirisori Amalatu, YT alias Yaku, di hutan desa tersebut. Kasus ini sudah kita tangani,”ungkapnya.

Simatupang menjelaskan,  saat ini personel Polresta Ambon  telah digeser ke Saparua, guna melakukan penyelidikan dan pengejaran terhadap pelaku. “Masih dilakukan penyelidikan dan pencarian pelaku. Anggota Polresta saat ini backup ke Saparua,” ujar Kapolresta, Minggu.

(KT)

Komentar

Loading...