50 Anak Leihitu Ikuti Khitanan Massal Gratis

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON, -  Pemerintah Provinsi Maluku bekerjasama dengan Biro Kesra dan Dinas Kesehatan Provinsi Maluku melaksanakan khitanan massal gratis, Senin (29/3).

Khitanan massal yang diikuti oleh 50 anak beda usia itu dilaksanakan di pelataran Benteng Amsterdam, Negeri Hila, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

Kegiatan yang hanya dikhususkan untuk anak-anak Leihitu itu dibuka oleh Ketua Majelis Taklim Nur Asiah, Widya Pratiwi Murad Ismail yang juga Ketua PKK Provinsi Maluku.

Widya dalam sambutannya mengatakan, kegiatan khitanan massal, pengobatan gratis serta bakti sosial yang dilakukan Pemprov Maluku ini, sebagai bentuk prihatin pemerintah terhadap masyarakatnya.

“Ini sudah menjadi niat saya. Kita lakukan di awal bulan syaban memasuki bulan ramadhan. Semoga menjadi suatu keberkahan untuk kita semua,” kata Widya.

Menurutnya, khitanan merupakan bagian dari agama islam yang wajib hukumnya. Sebab, khitanan berfungsi sebagai syarat sahnya ibadah terkhusus yang beragama islam. “Sunat juga untuk membersihkan kotoran dan virus dari tubuh. Nah, untuk membantu masyarakat, kita kemudian melakukan kegiatan ini,” tuturnya.

Selain khitanan, Ina Latu Maluku itu juga membagikan sembako kepada ratusan peserta yang hadir. Peserta terdiri dari kaum ibu yang ada di Kecamatan Leihitu.

“Pembagian sembako maupun pengobatan gratis ini untuk membantu masyarakat khusus di Leihitu. Ini juga kegiatan sosial untuk kemaslahatan masyarakat,” paparnya.

Ditambahkan, kegiatan ini sebagai kali yang pertama. Tidak menutup kemungkinan, kegiatan yang sama juga akan dilaksanakan di negeri-negeri lain yang ada di Provinsi Maluku.

Sekedar tahu, sebelum khitanan dilakukan, anak-anak terlebih dahulu dilakukan rapid antigen. Rapid antigen sebagai salah satu upaya pemerintah mencegah penyebaran virus covid-19.

(KTY)

Komentar

Loading...