28.038 Ribu Warga Ambon Nganggur

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON, - Pencari kerja harus bisa lebih kreatif dalam memanfaatkan sektor yang ada.

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), Kota Ambon, mencacat  sebanyak 28,038 ribu warga Kota Ambon, sampai saat ini belum miliki pekerjaan alias pengangguran. Data tersebut diungkap Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota, Steven Patty, Selasa (23/3).

Mengantisipasi lonjakan pengangguran  pihaknya sedang berupaya keras. “Kita lagi berupaya keras menekan tingginya angka pengangguran di Kota Ambon, dengan sejumlah program yang sementara disiapkan,” ungkap Steven.

Salah satunya membentuk wira usaha. “Untuk menjawab masalah pengangguran ini, kita smentara siapakan program wira usaha. Selain Wira Usaha kita menyiapkan program-program lain. Semua masih disiapkan. Mudah-mudahan ini akan mampu menekan pengangguran di daerah ini,” sebut dia.

Untuk menurunkan angka pengangguran di Kota Ambon,  selain program wira usaha juga ada rancangan program yang mampu memanfaatkan sektor perikanan, sebagai lapangan kerja baru.

“Kita akan manfaatkan sektor perikanan, agar pengangguran bisa dapatkan penghasilan. Bukan saja itu, lapangan kerja baru juga bisa dimanfaatkan dari sektor jasa, “paparnya.

Lebih lanjut, Steven mengaku, pencari kerja harus bisa lebih kreatif dalam memanfaatkan segala sektor yang ada.

“Dari sektor perikanan, kalau mereka bisa kreatif, pasti bisa dimanfaatkan dengan baik. Seperti buat keramba dan lain sebagainya. Dengan begitu pasti tidak banyak pengangguran, “jelasnya.

Ke depan,  pihaknya akan bekerjasama dengan Balai Pelatihan Kerja Kota Ambon, guna melatih keterampilan para pencari kerja .

“Sebenarnya banyak kesempatan dan peluang kalau saja para pencari kerja ini bisa lebih terampil.  Kita akan kerjasama dengan balai pelatihan, agar jumlah pengangguran di Kota Ambon bisa ditekan, “tutupnya.

(KTE)

Komentar

Loading...