Mei, DPRD Paripurna Paslon Terpilih Pilkada Bursel 2020

KABARTIMURNEWS.COM,NAMROLE-Direncanakan awal Mei mendatang, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buru Selatan (Bursel), menggelar rapat paripurna pengumuman hasil pasangan calon terpilih Pilkada Tahun 2020.

“Jadi paling lambat awal Mei itu kita  agendakan paripurna pengumuman hasil Pilkada Bupati dan Wakil Bupati terpilih serta paripurna pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati periode 2016-2021,”ujar Ketua DPRD Kabupaten Bursel, Muhadjir Bahta dikonfirmasi, Kabar Timur, kemarin.

Ditegaskan, kalau ada isu yang berhembus pihaknya sengaja menghambat agenda paripurna tersebut tidak benar. “Hasil Pemilu sudah ada, tidak ada satu lembaga yang bisa menghambat. Jadi kalau ada isu di publik bahwa kita sengaja perhambat itu tidak benar,”sergahnya.

Sebab sesuai hasil konsultasi dengan Pemerintah Maluku, mengarahkan agar paripurna pengumuman hasil pilkada tahun 2020 dilakukan satu bulan setengah sebelum masa jabatan bupati dan wakil bupati berakhir.

“Kita tidak hambat agenda itu hanya berdasarkan konsultasi Sekwan di Pemerintah Provinsi, masa jabatan katong kan berakhir 21 Juni 2021.  Berarti sekitar awal Mei kita sudah bisa agendakan,”janji anak buah Surya Paloh tersebut.

Menurut dia, lembaga wakil rakyat setempat sebelumnya sudah mengagendakan Paripurna pengumuman hasil Pilkada dan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati. Hanya saja atas petunjuk konsultasi di Pemerintah Provinsi Maluku sehingga pihaknya berencana untuk digelar paripurna Mei mendatang. 

“Jadi kita sudah siapkan surat mau diagendakan Paripurna. Tapi berdasarkan hasil konsultasi dengan Pemerintah Provinsi itu dilakukan satu bulan setengah setelah masa akhir jabatan baru diagendakan Paripurna sesuai hasil konsultasi dengan Kabiro Pemerintahan di Pemprov Maluku,”katanya lagi.

Menurutnya, setelah paripurna dilakukan DPRD Bursel, selanujutnya akan dibawa ke Pemerintah Provinsi Maluku untuk diteruskan ke Mendagri. “Setelah paripurna kita mengusulkan ke provinsi baru  dilanjutkan ke Mendagri,”jelasnya. 

Ditambahkan setelah pleno hasil penetapan paslon terpilih Pilkada Bursel diumumkan KPU, lembaga penyelenggara pemilu  setempat langsung menyerahkan hasilnya ke DPRD.  “Kita harapkan seluruh agenda ini dapat berjalan lancar nantinya,”pungkas anggota DPRD Kabupaten Buru Selatan dua periode ini. (KTL)

Komentar

Loading...