Berkas Dua Bandar Narkoba Naik Tahap Satu

Police report paper files on a wooden desk with handcuffs and copy space on the desk.

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON, - Berkas perkara dua bandar narkoba akhirnya rampung. Polisi telah menyerahkan berkas tersebut ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk tahap satu.

Dua bandar narkoba ini masing-masing EM dan WM. Keduanya diamankan pada 22 Februari 2020 lalu di kawasan Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon dengan barang bukti 33 paket narkoba jenis sabu. 

“Untuk berkas tersangka EM dan WM sudah rampung dan telah diserahkan untuk tahap satu,” kata Kasat Resnarkoba Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulae Lease kepada Kabar Timur, Kamis (18/3) 

Menurutnya, penyerahan berkas tahap satu untuk kemudian diteliti oleh jaksa. Jika tahap ini selesai, barulah ditingkatkan ke proses yang lain. Apabila ada petunjuk jaksa, tugas penyidik untuk melengkapi sesuai petunjuk tersebut.

“Penyerahan tahap satu untuk diteliti dan dipelajari oleh jaksa. Polisi tetap berproses sehingga bisa segera tahap dua dan selanjutnya ke Kejari dan pengadilan,” tandasnya

Seperti diketahui, sebanyak 32 paket narkoba jenis sabu-sabu berhasil diamankan personil Sat Resnarkoba Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Senin (22/2). Puluhan paket sabu itu disembunyikan oleh tersangka EM, warga Karang Panjang, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, di mes Pertanian Unpatti Ambon.

Tersangka EM merupakan bandar narkotika yang diketahui sejak tahun 2020 sudah menjalankan bisnis haramnya itu di wilayah Kota Ambon. Untuk menjual, EM tidak sendiri. EM ditemani bandar lainnya berinisial WM. WM merupakan warga Karang Panjang, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon. Keduanya sudah ditetapkan sebagai tersangka dan dikurung di Rutan Polresta Ambon.

Awalnya, polisi hanya berhasil mengamankan satu paket narkoba jenis sabu dari kedua tangan tersangka. Namun setelah dilakukan pendalaman, tersangka EM mengaku kalau masih menyimpan puluhan paket lainnya di mes Pertanian Unpatti Ambon.

Paket itu disimpan di dalam tas milik tersangka EM yang di sembunyikan di garasi mes pertanian Unpatti Ambon. Kedua tersangka ini juga masuk dalam daftar pencarian orang (DPO). EM dan WM telah beraksi beberapa kali, sejak tahun 2020 lalu. Barangnya diambil dari Cawang Jakarta. 

Satu paket sabu dijual dengan harga Rp 2,5 juta. Atas perbuatannya, kedua tersangka dikenakan pasal 112 ayat 2 dan pasal 114 ayat 2 tentang narkoba dengan ancaman minimal 5 tahun penjara dan maksimal 20 tahun penjara. (KTY)

Komentar

Loading...