Komitmen Bangun Kei Besar, Bupati: Tetap Prioritas Pemkab Malra

M. Thaher Hanubun

KABARTIMURNEWS.COM,LANGGUR, - Pembangunan pulau Kei Besar di berbagai sektor tetap menjadi komitmen dan program prioritas Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) Maluku Tenggara (Malra). “Perlu saya sampaikan komitmen membangun Pulau Kei Besar tetap menjadi prioritas,” kata Bupati Malra M Thaher Hanubun saat membuka Musrenbang RKPD Kecamatan Kei Besar, Selasa.

Menurut Bupati, pada tahun anggaran 2021, dari total 323 proyek prioritas yang dilaksanakan, sebanyak 203 proyek atau 62,85 persen berlokasi di Pulau Kei Besar, sisanya 120 proyek atau 37,15 persen di wilayah pulau Kei Kecil.

“Angka ini menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan, pada tahun-tahun sebelumnya persentase alokasi selalu lebih besar di Pulau Kei Kecil, kini dapat kita balik, sesuai prioritas dan komitmen bersama. Kei Besar harus berkembang, Kei Besar harus bangkit,” tandasnya. .

Kei Besar, kata Bupati, adalah salah satu kecamatan yang perlu mendapat perhatian serius, aspek-aspek pelayanan kesehatan dan pendidikan, ekonomi, perdagangan, industri dan pelayanan jasa, harus dapat ditingkatkan, begitu pula infrastruktur dan konektivitas antarwilayah.

“Sehubungan dengan maksud-maksud tersebut, pada kesempatan ini dapat saya sampaikan beberapa proyek strategis yang akan dilaksanakan di Wilayah Kecamatan Kei Besar yakni pembangunan jalan dan jembatan dalam Kota Elat (Wear-su dan Akses Masuk Kantor Klasis), pemasangan penerangan jalan umum (PJU) di dalam Kota Elat, rehabilitasi lapangan Ngurmas Yamlim dan renovasi tugu kota Elat, pembangunan pasar yang dibiayai pinjaman SMI, bantuan perumahan swadaya di Ohoi Waur, pembangunan MCK skala Individual di Ngefuit Atas,” katanya.

Kemudian, pembangunan jalan Desa Strategis Ruas Jalan Ohoi Karkarit, peningkatan jalan hotmix ruas jalan Elat-Werka- Wetuar-Tamangil-Weduar Feer (Segmen Karkarit Harangur), pembangunan Makam Habib di Ler Ohoilim, pembangunan jembatan di Ohoiwait, dan penyediaan sarana Air Bersih di beberapa ohoi, serta beberapa paket kegiatan lainnya.

Di samping itu, pada tahun 2021 juga akan dilaksanakan pemberian bantuan Hibah Pembangunan Sarana Ibadah. DivWilayah Kecamatan Kei Besar ada beberapa desa yang Saya harapkan untuk dapat mendapat dana Hibah, dimanfaatkan secara baik, sehingga pembangunan dapat segera dirampungkan.

Selanjutnya, berbicara tentang prioritas daerah untuk tahun 2022, fokus pembangunan adalah pemulihan sosial ekonomi, serta peningkatan kapasitas infrastruktur, fokus ini untuk menjawab ketahanan daerah dalam menghadapi pandemi Covid-19. Termasuk ketahanan Kecamatan Kei Besar, sebagai pusat pelayanan di Wilayah Pulau Kei Besar.

 (AN/KT)

Komentar

Loading...