Warga Bursel Mulai Dulang Emas

ILUSTRASI

KABARTIMURNEWS.COM, NAMROLE-Warga Desa Waewali, Kabupaten Buru Selatan (Bursel), dilaporkan  mulai melakukan kegiatan pendulangan emas. Kabarnya hasil pendulangan berupa biji emas sudah diperjual belikan.  

Kabar ini juga tidak ditepis, Musa Saleky Kepala Desa Waeali. Menurut dia, aktivitas penambagan warga terus dilakukan. Hanya saja, pusat emas belum juga ditemukan. “Belum ditemukan titik pusat dari emas itu. Tapi, warga sudah dapat  biji emas dari hasil penambagan mereka, meski belum menemukan pusat atau induk dari sumber emas itu sendiri,” aku Musa. 

Penambagan emas di Desa Waewali, tidak hanya dilakukan warga setempat. Namun, saat ini warga dari pelbagai desa di daerah itu telah berdatangan melakukan pendulangan emas.  Pihak desa sendiri belum melaporkan secara resmi ke Pemerintah Kabupaten.

Belum melapornya pihak desa ke Pemerintah Kabupaten, Musa berdalih warga belum menemukan sumber atau induk emas yang ditambangi warganya itu. “Sampai saat ini warga yang menambang masih berupaya lakukan pencarian pusat atau sumber emas. Kalau sudah ditemukan kita akan sampaikan itu secara resmi kepada pemerintah daerah untuk segera ditindakl anjuti,” ungkap Musa.

Penambagan warga yang dilakukan saat ini masih berjalan manual, tanpa merkuri. Bahkan, pihak kepolisian setempat juga pernah mendatangi lokasi penambangan dan tidak ditemukan adanya merkuri yang digunakan warga dalam menambang di daerahnya.

Menurut Musa, biji-biji emas telah diperoleh dalam penambangan warga. Namun, sumber dari emas itu yang belum juga ditemukan. “Kalau kita sudah temukan sumber emasnya, sudah pasti ritual adat akan dilakukan pihaknya.  Kita tunggu sampai sumber pusatnya emas ditemukan  baru kita gelar ritual adatnya,” pungkas Musa. (KTL) 

Komentar

Loading...