KPU Tetapkan Safitri-Gerson Terpilih

KABARTIMURNEWS.COM, NAMROLE -KPU menetapkan Safitri Malik Soulisa dan Gerson Elieser Selsily sebagai bupati dan wakil bupati Buru Selatan (Bursel) terpilih.

Penetapan ini tertuang dalam surat keputusan KPU Nomor: 01/HK.03.1-KPT/8109/KPU-KAP/I/2021 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati Dan Wakil Bupati Terpilih Dalam Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Kabupaten Buru Selatan Tahun 2020. Rapat pleno penetapan Paslon dengan tagline SMS-GES ini berlangsung di aula kantor KPU Bursel, kota Namrole, Sabtu (23/1). 

Pimpinan partai politik, Wakapolres Pulau Buru Kompol Bahcri Hehanussa, Bawaslu, komisioner KPU Bursel hadir pada rapat tersebut.

KPU mengundang dua Paslon rival SMS-GES di kontestasi Pilkada Bursel, yaitu Hadji Ali-Zainudin Booy dan Abdurahman Soulisa-Elissa Lesnussa, namun tidak menghadiri rapat pleno.

Ketua KPU Bursel Syarief Mahulauw menyampaikan rapat pleno ini untuk menetapkan Safitri-Gerson sebagai bupati dan Wabup terpilih pada Pilkada 9 Desember 2020.

Penetapan ini setelah Mahkamah Kontitusi (MK)menerbitkan Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK), Senin (18/1) lalu. BRPK tidak mencantumkan gugatan Pilkada Bursel. Atas dasar itu, KPU Bursel sesuai dengan surat yang disampaikan KPU RI menetapkan bupati dan wabup terpilih. “Karena Kabupaten Bursel tidak ada gugatan di MK, proses penetapan bupati dan wabup terpilih harus dilakukan oleh kami,” jelasnya.

Safitri-Gerson baru akan melaksanakan tugas setelah masa kerja Bupati Bursel Tagop Sudarsono Soulisa berakhir pada 22 Juni 2021. “Secara de jure kita sudah tetapkan sebagai bupati dan wakil bupati, namun secara de fakto keduanya akan dilantik sebagai bupati dan wabup setelah masa jabatan Bupati Bursel saat ini berakhir,” sebutnya.

SK penetapan bupati-Wabup terpilih akan disampaikan KPU ke DPRD Bursel untuk diserahkan ke Pemerintah Povinsi Maluku melalui gubernur untuk selanjutnya diusulkan ke Kementrian Dalam Negeri. “Tiga hari setelah ini kita akan mengusulkannya ke DPRD untuk selanjutnya disampaikan ke gubernur untuk dibawa ke Kemendagri guna mengelurkan SK pelantikan bupati dan wakil bupati Bursel,” jelas Mahulauw.

Wabup terpilih Gerson Elieser Selsily menyampaikan penetapan pasangan SMS-GES sebagai bupati dan wabup Bursel merupakan sejarah.

Mantan wakil ketua DPRD Bursel ini katakan, Safitri Malik Soulisa tidak menghadiri rapat pleno penetakan karena masih berada di Jakarta. “Ibu Safitri tidak bisa hadir, namun beliau menitipkan salam untuk kita semua sama–sama berjuang membangun kabupaten Bursel,” tandas politisi Demokrat ini.

Gerson mengucapkan terima kasih kepada KPU, Bawaslu, TNI, Polri, pimpinan parpol, Paslon Hadji Ali-Zainudin Booy dan Abdurahman Soulisa-Elissa Lesnussa, masyarakat, jurnalis yang telah bekerja keras menyuseskan Pilkada Bursel. “Bagi kami Pilkada tahun ini merupakan Pilkada terbaik dan bersih karena tidak ada gugatan di MK,“ pungkas dia.

Pada Pilkada Bursel 2020, Safitri Malik Soulisa–Gerson Elieser Sesily meraih 16.847 suara, Hajdi Ali-Zainudin Booy 12.677 suara dan Abdurhaman Souisa-Elissa Lesnussa 9.321 suara. (KTL)

Komentar

Loading...