Skor Zonasi Covid-19 Ambon Meningkat

Istimewa

KABARTIMURNEWS.COM. AMBON-Skor zonasi penyebaran Covid-19,  di Kota Ambon awal tahun 2021  meningkat dari sebelumnya 1,95 kini menjadi 2,07,  ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon, Wendy Pelupessy kepada wartawan di Gedung Balai Kota, Rabu (6/1).

Kendati naik, sambung dia, posisi zonasi Kota Ambon masih tetap berada di orange. "Sudah naik  jadi 2,07. Namun kita masih di zona orange penyebaran Covid-19. Untuk mencapai Zona Kuning, kita harus berusaha agar skor Kota Ambon jadi 2,5,"jelasnya.

Menurutnya, peningkatan skor zonasi yang dimiliki oleh Kota Ambon tersebut, harus dijaga dengan ketat, jangan sampai kembali mengalami penurunan seperti sebelumnya. "Kita harus jaga agar bisa meningkat. Caranya yakni, Satgas Covid-19, harus selalu melakukan himbauan kepada masyarakat tentang pentingnya penerapan Protokol Kesehatan,"jelasnya.

Dikatakan Wendy, turun dan naiknya skor zonasi corona itu sendiri, tergantung dari beberapa faktor. Faktor terpenting, lanjutnya, yang dapat mempengaruhi skoring adalah pasien meninggal dunia. "Walaupun angka kesembuhan yang dimiliki oleh Kota Ambon meningkat, namun masih saja selalu ada pasien yang meninggal, otomatis hal itu dapat berpengaruh besar terhadap skoring zonasi," jelasnya.

Dijelaskannya, persoalan ditengah pandemi yang dihadapi oleh Kota Ambon saat ini adalah terkait dengan tingginya tingkat penularan. "Angka penularan masih diatas standar nasional," katanya.

"Walaupun angka kesembuhan naik, namum yang jadi soal sekarang adalah angka penularan. Bayangkan saja, sesuai dengan standar nasional itu harus dibawah lima persen, namun saat ini punya kita sekitar 20 persen," tutupnya. (KTE)

Komentar

Loading...