Terdampak Corona, 19 Hotel di Ambon Terima Bantuan Dana Hibah

KABARTIMURNEWS.COM. AMBON-Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon resmi menyerahkan bantuan dana hibah dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, kepada 19 Hotel dan delapan restoran, DI Ambon, yang terdampak Covid-19.

Penyerahan dana hibah tersebut berlangsung di Swiss Bell Hotel, Selasa (29/12).  "Bantuan ini untuk membantu sektor usaha pariwisata hotel maupun restoran yang terkena dampak Covid-19, " ungkap Walikota Ambon, Richard Louhenapessy kepada wartawan.

Dijelaskan bantuan dana hibah tersebut nantinya akan ditransfer ke rekening 19 hotel dan delapan restoran itu.  Berapa jumlah dana hibah yang diterima para pengusaha hotel dan restaurant itu?  Waliko tidak merincinya. "Jumlahnya tidak bisa kita sebutkan, " kata Richard.

Menurutnya, bantuan kepada belasan hotel dan restoran itu tidak akan ditransfer 100. Pasalnya, 30 persen dari dana tersebut akan dipakai Pemerintah Daerah (Pemda) setempat.

"Kita akan transfer 70 persen, dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT). Sisa 30 persen itu, akan kita pakai untuk pengembangan sektor wisata sebanyak 25 persen, dan dana operasionalnya lima persen, " terangnya.

Lebih lanjut, Richard mengaku, status Kota Ambon sebagai Kota Musik Dunia lah, yang membuat belasan hotel dan beberapa restoran tersebut bisa mendapatkan bantuan dari Kementrian Pariwisata.

"Saya yakin, kalau status kita belum ditetapkan sebagai Kota Musik Dunia oleh UNESCO, maka kita tidak dapat bantuan ini. Makanya kita bersyukur sekali, walaupun tidak banyak, namun Ambon masuk ke daftar 101 Kota yang dapat bantuan, " paparnya.

Ditambahkan Richard, upaya pemerintah pusat dalam memberikan bantuan tersebut, sangat diapresiasi. Sebab, hal itu mampu menyelamatkan krisis ekonomi yang dialami para pelaku usaha perhotelan dan restoran.

"Dalam situasi pandemi seperti ini, wisatawan tidak terlalu banyak bahkan  sangat minim untuk berkunjung di Kota Ambon, kalau sudah begitu otomatis Hotel-hotel sepi, dan pemasukan berkurang drastis. Jadi bantuan ini sangat membantu sekali dalam upaya menunjang usaha, " tutupnya. (KTE)

Komentar

Loading...