Satpol PP Razia dan Tampung Gepeng

IST

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON-Satuan Polisi Pamong Pradja (Sapol-PP) Kota Ambon, diketahui telah membantu Dinas Sosial (Dinsos) setempat, untuk merazia sekaligus menampung sementara para Gelandangan-Pengemis (Gepeng).

“Kita telah lakukan razia dan sudah berhasil amankan lima Gepeng anak dibawah umur hari ini (kemarin), “ kata Kepala Satuan (Kasat) Pol PP Kota Ambon, Josias Loppies, kepada wartawan, Selasa (15/12) kemarin.

Menurut Josias, lima Gepeng tersebut hingga kini masih dalam pengawasan pihaknya. Para Gepeng yang sering beroperasi di pusat Kota Ambon itu, diakui untuk sementara ditampung di Kantor Satpol-PP.

“Mengingat Dinas Sosial Kota Ambon, tidak memiliki rumah singgah, makanya kami tempatkan mereka sementara di Kantor kita yang berada di jalan Kakialy nomor dua Ambon, “ jelasnya.

Dia menambahkan, penampungan sementara bagi para Gepeng tersebut dilakukan sambil menunggu, kedatangan orang tua atau keluarga terdekat dari para gelandangan itu.

“Kita masih cari orang tua atau keluarga mereka. Nah, kalau sudah ketemu baru diserahkan dan diberi himbauan agar jangan mengulangi aktivitas Gepeng didalam Kota, “ ujarnya.

Menurutnya, inisiatif untuk melakukan razia terhadap Gepeng tersebut, harus dilakukan oleh Satpol PP, karena aktivitas para pengemis diakui sangat mengganggu kenyamanan para pengguna jalan.
“Mereka mengganggu pengguna jalan. Bukan saja itu, ini kita lakukan demi kebaikan dan keselamatan anak-anak atau Gepeng ini. Kan bahaya, kalau mereka beraktivitas dijalanan seperti begini kan, “ ujarnya.

Dia jua menegaskan, bahwa para Gepeng yang masuk dalam kategori anak dibawah umur itu, mestinya mendapatkan bimbingan yang layak dari orang tua mereka. Buka dibiarkan berjualan atau

meminta-minta dijalanan.
“Pada intinya, razia pertama ini kita berikan kelonggaran. Orang tua mereka akan kita himbau agar bisa awasi anaknya. Kalau kedapatan lagi, otomatis kita bawa ke kantor polisi, “ tutupnya. (KTE)

Komentar

Loading...