Astuti Gantikan Abdullah Pimpin Bawaslu Maluku

ist

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON – Abdullah Ely akhirnya dicopot dari kursi ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Maluku.  Jabatannya diisi Astuti Usman yang sebelumnya anggota Bawaslu Maluku.

Informasi yang diterima Kabar Timur, Bawaslu RI mengangkat Astuti Usman sebagai ketua Bawaslu Maluku menggantikan Abdullah Ely.

Penggantian Abdullah ini diusulkan saat rapat pleno Bawaslu Maluku, beberapa waktu lalu. Belum diketahui alasan Abdullah diusulkan untuk diganti dari orang nomor satu di lembaga pengawas pemilu itu. Namun, rapat pleno itu  disepakati nama Astuti diusulkan ke Bawaslu RI  menggantikan Abdullah.

Abdullah yang dihubungi Kabar Timur mengakui posisi ketua Bawaslu Maluku kini  resmi dijabat Astuti Usman. “Saya sudah diganti pada Senin (14/12). Surat keputusan pergantian ketua Bawaslu Maluku,  sudah diterbitkan Bawaslu RI,” ungkap Abdullah, Selasa (15/12).

Dia menolak menjelaskan penyebab dirinya diganti dari posisi ketua Bawaslu Maluku. Dia menyarankan Kabar Timur menghubungi Astuti untuk mengetahui penyebab dirinya dicopot. “Kalau alasan saya diganti  telepon ibu Tuti (Astuti Usman).  Karena mereka yang sampaikan laporan ke Bawaslu RI,” ujar dia.

Sebelum dicopot dari jabatannya, Abdullah telah menyampaikan klarifikasi ke Bawaslu RI menanggapi laporan Astuti Cs. 

Kendati dicopot, dia menegaskan tidak berbuat salah. “Ini bukan persoalan (pelanggaran kode) etik. Ini hanya masalah internal saja,” tegas Abdullah. 

Dicopot dari jabatan ketua, Abdullah kini mengemban jabatan Kordiv Hukum, Humas, Data dan Informasi Bawaslu Maluku.

Astuti menolak menjelaskan laporan yang disampaikan ke Bawaslu RI hingga berujung pencopotan Abdullah Ely dari kursi ketua Bawaslu Maluku. “Saya ada kegiatan di luar daerah. Nanti saya balik hubungi,” dalih Astuti. (KTM)

Komentar

Loading...