Pemkab Bursel Raih Penghargaan BI

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Pemerintah Kabupaten Buru Selatan (Bursel) berhasil meraih penghargaan dari Bank Indonesia (BI) Perwakilan Maluku. Penghargaan itu diberikan kepada Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Bursel karena dianggap paling aktif dalam pengendalian inflasi di wilayah tersebut. 

Penyerahan piagam penghargaan dan plakat oleh Kepala BI Perwakilan Maluku Noviarsano Manulang kepada TPID Bursel di sela-sela pertemuan tahunan BI 2020 di kantor gubernur, Kamis (3/12).

Noviarsano katakan, pemberian penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi kepada stakeholder atas kontribusi dan peran aktif dalam mendukung pelaksanaan tugas serta tanggungjawab pihaknya sepanjang tahun 2020.

“Kita apresiasi bagaimana peran dari masing-masing stakeholder dalam mendukung kita punya tugas mengendalikan inflasi. Dari para peraih penghargaan  mereka aktif dalam memberikan informasi maupun sifat-sifat kreatif. Itu  salah satu yang kita nilai di situ,” papar Noviarsano kepada Kabar Timur usai pertemuan yang juga dihadiri Gubernur Maluku Murad Ismail, pimpinan OPD lingkup Pemerintah Provinsi Maluku dan kabupaten/kota se-Maluku.

Menurutnya TPID di setiap kabupaten/kota wajib wajib melaporkan aktifitas program dalam rangka mendukung inflasi di daerahnya. “Itu yang mereka laporkan ke tim inflasi di Jakarta. Kami lihat dua kabupaten di Maluku salah satunya TPID kabupaten Bursel kriteria yang diminta mereka penuhi,” puji dia.

Noviarsano mencontohkan TPID kabupaten Maluku Tenggara punya prestasi dan berhasil terpilih  sebagai salah satu pemenang di level nasional. Sementara TPID Bursel masuk dalam calon pemenang di skala nasional. “Jadi ketika dua kabupaten di Maluku, masing-masing Maluku Tenggara dan Bursel masuk dalam dominasi peraih penghargaan di pusat ternyata Maluku Tenggara yang berhasil terpilih,” sebut Noviarsano.

Dia berharap TPID bisa membantu mendukung kelancaran tugas dan tanggungjawab BI Maluku ke depan. “Kita berharap nanti kita lebih dalam berkoordinasi, kemudian dari pemerintah daerah tidak ragu lagi mau menjual program-program unggulannya. Sebenarnya mereka itu punya mungkin masalah menjualnya saja  karena selama ini ada yang berani tetapi ada juga yang masih ragu-ragu. Ini yang coba kami dorong,” kata dia.

Gubernur dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada pemerintah kabupaten dan stakeholder yang berhasil meraih penghargaan dari BI Perwakilan Maluku. Pertemuan tahunan BI 2020 yang mengusung tema “bersinergi membangun optimisme pemulihan ekonomi” tersebut juga diikuti Bupati Bursel Tagop Soulisa dan jajarannya melalui virtual. (KTL)

Komentar

Loading...