Ambon Raih Award DataGovAI 2020

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON-Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, meraih penghargaan Best Data & AI Governance, untuk kategori Best Data Governance for Smart Intelligent City, dalam ajang DataGovAI e-Summit and e-Award 2020 seri kedua, yang diselenggarakan virtual oleh Asosiasi Big Data dan AI (ABDI.ID), Kamis (26/11) kemarin.

“Atas nama Pemkot, saya menyampaikan terima kasih kepada ABDI yang menetapkan Kota Ambon sebagai salah satu penerima Best DatGovAI 2020 Award,”kata Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, Kamis (26/11).

Dikatakan, penetapan pemenang dalam kategori yang dimaksud, telah melewati seleksi ketat. Untuk itu, hal tersebut merupakan kebanggaan dari Pemerintah Kota Ambon.

“Tentunya penetapan pemenang dilakukan melalui seleksi ketat, berdasarkan survey maupun pembuktian terhadap tata cara pengelolaan data digital serta sistem keamanan yang menjamin kerahasiaan pengguna,” kata Walikota.

Menurut Walikota, penghargaan yang diberikan bernilai penting dan strategis bagi pengembangan program Kota Ambon sebagai Smart City, sekaligus menjalankan tata kelola data atau data governance, sebagai data kontrol yang terus konsisten.

“Ini berarti kita telah sukses menjaga informasi dan integritas data dari pengguna (red. client), nasabah dan seluruh stakeholder. Sekaligus dapat memberikan manfaat bagi transformasi, kehidupan masyarakat Kota Ambon di era digital saat ini,”jelasnya.

Lebih lanjut, Richard mengaku, sebagai pemerintah, pihaknya harus mempersiapkan masyarakat dalam memasuki era digital. “Semua aspek harus kita siapkan, dalam menghadapi era ini,”ujar Walikota Ambon dua periode ini.

“Tidak hanya penyediaan berupa infrastruktur, maupun fasilitas-fasilitas aplikasi, kita juga harus menjamin tata kelola data digital dengan baik, serta keamanan data, sehingga informasi dan integritas data para pengguna dapat dijaga,” sambung Walikota.

Walikota menambahkan, dari pihak ABDI juga telah menyatakan bahwa, Kota Ambon dianugerahi penghargaan untuk kategori Best Data Governance for Smart Intelligent City, karena dinilai mampu beradaptasi dalam menghadapi era digitalisasi, dengan menyediakan aplikasi-aplikasi maupun infrastruktur yang sangat membantu masyarakatnya.

“Ktelitian mengelola data dalam jumlah besar, atau Big Data juga diterapkan dengan sangat baik. Terlebih lagi, sistem keamanan data dengan menerapkan proses enkripsi, sehingga data tidak mudah untuk disalah gunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,”tutupnya. (KTE)

Komentar

Loading...