Klaim Didukung Golkar, Niko Tepis Kotak Kosong

ILUSTRASI

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON – Bakal calon bupati Maluku Barat Daya (MBD), Niko Kilikily angkat bicara perihal wacana kotak kosong yang belakangan menyeruak jelang Pilkada MBD 2020.

Niko yang diusung Partai Gerindra kini tengah menunggu rekomendasi Partai Golkar. Dengan begitu tidak akan ada calon tunggal di Pilkada MBD.  

Meski belum diputuskan KPU, saat ini hanya Balon bupati dan wakil bupati MBD Benyamin Noach-Ari Kilikily yang telah memenuhi syarat pencalonan. Bahkan terbuka peluang bupati petahana yang telah mengantongi rekomendasi dari lima partai politik ini akan melawan kotak kosong di Pilkada MBD. 

“Partai Gerindra, sudah final dari awal. Tinggal rubah rekomendasi. Sementara, Partai Golkar dalam waktu dekat mengeluarkan rekomendasi mengusung saya. Saya sudah final pasangan dengan Pak Bastian Petrus,” kata Kilikily menghubungi Kabar Timur, Kamis (23/7).

Pernyataan Niko sekaligus menepis optimisme Ketua DPD PDIP Maluku Murad Ismail, Benyamin Noach-Ari Kilikily melawan kotak kosong di Pilkada MBD.

Niko mengaku Ketua DPD Gerindra Maluku Hendrik Lewerissa telah menghubunginya. Gerindra tinggal menyesuaikan, jika rekomendasi  Partai Golkar sudah final. “Nah, setelah rekomendasi Partai Golkar sudah keluar tinggal Partai Gerindra, menyesuaikan. Jadi tidak benar pilkada MBD, incumbent lawan kotak kosong. Itu hanya wacana saja,” tegas Niko.

Niko kembali menegaskan, rekomendasi Partai Golkar sudah final akan diberikan kepadanya. “Diinternal Partai Golkar tidak masalah. Dalam waktu dekat rekomendasi resmi diserahkan kepada kami,” ujarnya.

Dia memastikan Pilkada MBD diikuti lebih dari satu bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati. “Saya pastikan lawan petahana. Kami pastikan lolos sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati MBD setelah diusung Partai Gerindra dan Partai Golkar,” tegasnya.

Dia optimis, selain diusung dua parpol papan atas, sejumlah tokoh dan komponen masyarakat di daerah sepakat mendukung dan memenangkannya di pilkada MBD. “Ada koalisi besar dibelakang kami. Dukungan terus mengalir. Kami optimis menumbangkan petahana di MBD,” klaim Niko. 

(KTM)