Mentan Siap Kucurkan Anggaran Hingga Rp 1 Triliunan untuk Maluku

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo siap membantu pengembangan pertanian di Maluku dengan memberikan bantuan anggaran Rp 500 miliar hingga Rp 1 triliun.

Janji itu disampaikan Syahrul kepada Gubernur Maluku Murad Ismail saat kunjungan kerja di kota Ambon, pekan kemarin.

Murad mengatakan, bukan tanpa alasan Syahrul siap membantu Maluku maupun kawasan Indonesia Timur memajukan sektor pertanian. Saat menjabat gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul memahami betul sulitnya wilayah Indonesia timur mendapatkan kucuran anggaran dari pemerintah pusat. Dan ketika diangkat sebagai Mentan oleh Presiden RI Joko Widodo, Syahrul bertekad memajukan pertanian di kawasan Indonesia timur.
"Saya ingin berbagi kabar baik, akan mendukung Maluku dalam kemandirian pangan, dan membantu sektor pertanian sebagai penggerak kesejahteraan masyarakat. Menteri Pertanian ini 25 tahun jadi ASN, pernah jadi lurah, pernah jadi camat, bupati dan gubernur 2 periode.

Waktu masih jadi gubernur beliau ngomong sama saya, Indonesia Timur kalau minta apa-apa susahnya setengah mati. Begitu jadi menteri, Indonesia Timur yang dilihat, NTT dan Maluku yang dilihat masalah pertaniannya. Dan kemarin beliau ngomong siap memberikan anggaran Rp 500 (miliar) sampai Rp 1 triliun untuk membantu pertanian," kata Murad di kantor gubernur Maluku, Ambon, Rabu (3/6).

Kabar baik lainnya kata mantan Dankor Brimob Polri itu, dukungan dari Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Edy mendukung Maluku menjadi Lumbung Ikan Nasional (LIN). "Menteri Perikanan sudah menjawab saya, Maluku dapat LIN, sudah seminggu lalu turun (surat dari Menteri). Ini berita baik juga. Kita hitung ulang untuk provinsi Kepulauan, kemarin saya di SMS Pak Karel (Ralahalu, mantan gubernur)” kata Murad.

Menindaklanjuti dua kabar baik itu, Murad memerintahkan Organissi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk esegera menyusun program di bidang pertanian dan perikanan. "Saya sudah perintahkan OPD terkait melalui Sekda untuk mengambil langkah-langkah strategis segera menyusun kembali rekap bidang perikanan dan pertanian," ujar Murad.

Berita ini sebagai ralat atas kesalahan penulisan dalam pemberitaan kabartimurnews.com pada Rabu 3 Juni 2020, berjudul "Gubernur Murad Sebut Mentan Siap Gelontorkan Bantuan Hingga 1000 Triliun Untuk Pertanian Maluku".
Penulis menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya atas kekeliruan dan kesalahan dalam menjalankan tugas. (KTR)

Komentar

Loading...