Sekilas Info

Benteng Amsterdam Ditutup Dari Pengunjung

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON,- Mencegah virus covid-19 meluas hingga ke wilayah Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), tempat wisata sejarah Benteng Amsterdam kini ditutup untuk sementara waktu.

"Jadi terhitung mulai 22 Maret hingga 20 April 2020, benteng yang berlokasi di Negeri Hila ini ditutup untuk pengunjung," kata penjaga Benteng Amsterdam, Abhy Lating Pay kepada Kabar Timur, Rabu (23/3)

Dia mengatakan, cagar budaya seperti benteng Amsterdam kerap dikunjungi turis maupun wisatawan dari luar daerah.

Namun dengan merebaknya virus covid-19 di Indonesia, penting sekali dilakukan pencegahan atau antisipasi dini. Salah satunya dengan menutup kunjungan ke situs budaya yang ada.

Hal ini penting, lanjut Lating, supaya dapat memutus mata rantai covid-19 meluas hingga ke wilayah Leihitu dimana benteng peninggalan Belanda ini berada.

"Ini masalah serius. Supaya memutus mata rantai penyebarannya hingga ke wilayah Leihitu, maka penting sekali untuk tempat wisata sejarah benteng amsterdam ditutup dulu," tandasnya

Dia mengakui, penutupan kunjungan ke situs cagar budaya bukan hanya diberlakukan untuk benteng amsterdam.

Tapi, semua situs budaya dibawah kendali Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Maluku-Maluku Utara ditutup untuk sementara waktu.

"Jadi ini instruksi langsung dari BPCB. Situs cagar budaya yang ada di Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat ditutup dari pengunjung" jelas Lating. (KTY)

Penulis:

Baca Juga