Sekilas Info

Komisi III dan KSOP Cek Peralatan Keselamatan Kapal

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON- Komisi III DPRD Maluku, bersama Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Ambon, bakal mengecek peralatan keselamatan di sejumlah kapal penumpang yang beroperasi didaerah ini. Ini dilakukan agar memanilisir kecelakaan kapal yang sering terjadi.

"Kecelakaan kapal belakangan ini diduga, Lefrandnya dan Life Boadnya tidak berfungsi,"kata Ketua Komisi III DPRD Maluku, Anos Yeremias, ketika menghunungi Kabar Timur, via telepon seluler, kemarin.

Menurut dia, Lefrand merupakan alat keselamatan darurat kapal sangat penting bagi kapal yang sementara berlayar. Apalagi, sebut dia, khusus kapal penumpang. "Ini harus menjadi perhatian, karena Maluku cuacanya sangat ekstrim,"ingatnya.

Lalu, apa itu Lefrand ? dia menjelaskan, Lefrand adalah perahu karet dengan tenda pelindung, yang berisikan peralatan, obat-obatan, makanan, dan minuman. Bahkan, sebut dia, Lefrand dilengkapi berita tanda sinyal dan alat keselamatan lainya. "Nah kalau kecelakaan, penumpang dan ABK bisa bertahan sampai satu minggu, sebelum tim penolong datang,"paparnya.

Sementara, Life Boat atau Sekoci, lanjut dia, berfungsi sebagai alat keselamatan di atas kapal, memiliki fungsi yang sangat penting."Gunanya untuk menyelamatkan banyak penumpang dalam keadaan bahaya. Sekoci berupa perahu kecil yang berada di kanan dan kiri kapal atau tepatnya di deck sekoci,"jelasnya.

Atas dasar itu, Anos kuatir, sejumlah anggota TNI AD hilang dengan kapal beberapa waktu, patut diduga, Life Boat dan Lefrandt kapal yang ditumpangi, tidak berfungsi. "Kita menduga seperti itu. Jangan sampai Life Boat, dan Lifrandt tidak dipasang di atas kapal,"ingatnya.

Untuk itu, dia mengaku, pihaknya segera menyurati KSOP bersama kunjungi perusahaan pelayaran untuk melihat langsung alat keselamatan diatas kapal. "Kapal Sabuk Nusantara, khan banyak melayari Maluku. Kemudian kita mengecek semua Kapal Penyeberangan di Maluku. Kita tinjau bersama ownernya,"jelasnya.

Soal, kapan pihaknya bersama KSOP Ambon, kunjungi kapal cek alat keselamatan, dia mengaku, sementara melakukan kunjungan kerja."Setelah kita kunjungan kerja dari Kabupaten Kepulauan Tanimbar, kita langsung surati KSOP untuk atur jadwal kunjungi seluruh kapal yang beroperasi di Maluku,"pungkasnya. (KTM)

Penulis:

Baca Juga